orbit

Beasiswa Yayasan Orbit Hasri untuk SMA dan S1 2016

Posted on Posted in Artikel, Peristiwa
Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie adalah salah satu bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia yang memiliki potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga. Kini, sosok yang mampu memberi insiprasi dengan kebaikan dan kerendahan hatinya itu telah kembali kepada Sang Pencipta. Namun warisannya telah menorehkan tinta emas dihati banyak orang yang tidak akan mudah dilupakan dan akan terus dilanjutkan serta ditingkatkan oleh Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan dengan ketulusan dan sepenuh hati.
 Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk tahun 2016, dengan nilai beasiswa yang lebih besar dan beragam. Mulai tahun 2016 ini, Yayasan Orbit memberikan 3 jenis beasiswa, yaitu Beasiswa Reguler, Beasiswa  Unggulan dan Beasiswa Ultima. Beasiswa Reguler dan Beasiswa Unggulan diperuntukkan bagi siswa SMA atau Perguruan Tinggi. Beasiswa Reguler berjangka waktu satu tahun ajaran, sedangkan Beasiswa Unggulan adalah beasiswa penuh untuk satu jenjang pendidikan (3 tahun untuk SMA dan 4 tahun untuk Perguruan Tinggi). Beasiswa Ultima adalah beasiswa untuk membantu pengembangan Sekolah dan Kampus Orbit Hasri Ainun Habibie.
ANBIM atau Anak Bimbing adalah pelajar atau mahasiswa yang memperoleh beasiswa dari Yayasan AAB-ORBIT Hasri Ainun Habibie. Penggunaan kata “Bimbing” menunjukan bahwa penerima beasiswa tidak hanya mendapatkan dana bantuan beasiswa, tetapi juga mendapatkan bimbingan dalam bentuk pelatihan atau pembekalan yang dimaksudkan untuk membentuk karakter ANBIM meniadi manusia Indonesia unggul yang dapat mengubah masa depan Indonesia.
Perbedaan utama beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie dengan beasiswa lain adalah beasiswa ORBIT tidak semata-mata memberi bantuan dana, tetapi juga bantuan pelatihan dan pembekalan pada setiap ANBIM , agar mereka menjadi lulusan yang tidak hanya cerdas di bidang akademis, tetapi juga menjadi SDM yang beriman, taqwa, terampil dan profesional yang mampu mengubah masa depan Indonesia menjadi lebih baik.

Jadwal Pendaftaran dan Proses seleksi Program Beasiswa Yayasan AAB ORBIT Hasri Ainun Habibie tahun 2016 adalah sebagai berikut :
Januari ‐ 15 Mei 2016 : Pendaftaran secara online, termasuk dokumen persyaratan. Untuk pendaftaran beasiswa reguler dan unggulan  klik di sini.
Januari ­‐ Mei : Proses Seleksi
Mei – Juni : Verifikasi Keabsahan & Persetujuan Pengurus
Juni : Pengumuman Akhir

Beasiswa Reguler
Penerima beasiswa Reguler adalah siswa yang duduk di kelas 1 hingga kelas 3 SMA atau duduk di bangku Perguruan Tinggi mulai Semester 1 hingga maksimal semester 8. Bantuan yang diterima oleh ANBIM penerima beasiswa regular peruntukannya diserahkan kepada masing-masing ANBIM, sesuai dengan keperluan mereka yang dirasa paling mendesak, seperti untuk biaya transportasi, biaya kos, membeli buku, makanan ekstra untuk menambah gizi, les tambahan, kursus dan lain-lain. Kriteria dan persyaratan Beasiswa Reguler untuk jenjang SMA adalah sebagai berikut :
beasiswa_reguler_sma

Kriteria dan persyaratan Beasiswa Reguler untuk jenjang Pergurauan Tinggi adalah sebagai berikut:

 

beasiswa_reguler_s1

Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan diperuntukkan bagi siswa yang berhasil diterima di SMAN Unggulan dan mahasiswa yang diterima di PTN unggulan melalui jalur undangan, dengan bantuan penuh dan berkesinambungan, sejak masuk hingga lulus SMA/S1. Oleh karena itu, Beasiswa Unggulan hanya diperuntukkan bagi siswa yang baru diterima di SMAN atau PTN. Kriteria dan persyaratan Beasiswa Unggulan untuk jenjang SMA adalah sebagai berikut :
beasiswa_unggulan_sma
Kriteria dan persyaratan Beasiswa Unggulan untuk jenjang Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut :
beasiswa_unggulan_s1
Beasiswa Ultima
(Untuk pengembangan Kampus Orbit Hasri Ainun Habibie Ultima-120).
Mulai tahun 2016, Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie akan menjalankan program 1.000 Habibie, dengan merekrut 20 siswa yang sangat berpotensi dan berasal dari keluarga kurang sejahtera setiap tahunnya untuk dididik di Kampus Orbit Hasri Ainun Habibie menjadi SDM Indonesia yang unggul. Mereka akan disekolahkan sejak jenjang SD hingga S2 di sekolah terbaik di Indonesia maupun luar negeri. Selama di dalam Kampus Orbit, mereka akan tinggal di dalam asrama dan diberikan pendidikan ekstra. Pengembangan program 1.000 Habibie memibutuhkan dana yang besar. Selain kebutuhan pembangunan fisik bangunan, biaya yang cukup besar juga untuk biaya siswa Kampus Orbit Hasri Ainun Habibie yang ditanggung oleh Yayasan sepenuhnya. Setiap anak, di jenjang Sekolah Dasar membutuhkan biaya pendidikan dan hidup tidak kurang dari Rp. 6 juta setiap bulannya. Donatur yang tertarik untuk mendukung program ini bisa menyalurkan bantuannya dalam jumlah yang tidak ditentukan nilainya. Setiap donatur akan mendapatkan akun Orbim yang dapat diakses setiap saat di dashboard Orbim, untuk mengetahui penggunaan dana bantuannya.

Sumber dan informasi lebih lanjut:  http://www.orbitainunhabibie.or.id/

Membutuhkan sharing partner atau konsultasi layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus? kami terbuka untuk berbagi dengan Anda. Hubungi Kami!

0 comments