Untitled

Disabilitas Berjejaring Karir untuk Berdaya dan Sejahtera

Posted on Posted in Artikel

Anak berkebutuhan khusus dalam perkembangannya akan sampai pada usia dewasa. Dimana kebutuhan untuk berperan dalam masyarakat menjadi penting. Memiliki pekerjaan adalah salah satu peran di masyarakat yang berarti bagi diri sendiri dan orang di sekitar. Selain dapat mandiri secara ekonomi, melalui pekerjaan anak berkebutuhan khusus dapat membuktikan eksistensi dirinya. Sebab memiliki pekerjaan merupakan indikator pencapaian dalam rentang usia manusia. Pada anak berkebutuhan khusus diperlukan upaya untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki sehingga bernilai jual di masyarakat. Upaya yang dilakukan dari segi pendidikan ialah pendidikan vokasional.

Pendidikan vokasional atau pendidikan keterampilan kerja sudah dilakukan di lembaga-lembaga penyedia layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus, baik  yang dikelola oleh pihak swasta maupun pemerintah.  Berbagai keterampilan kerja diajarkan, dipilih berdasarkan beberapa alasan tertentu. Diantaranya berdasarkan minat bakat, potensi diri, jenis pekerjaan yang laku di pasaran, dan keterampilan kerja yang dibutuhkan di masyarakat.

Upaya  pendidikan keterampilan kerja akan lebih baik bila didukung dengan adanya lapangan kerja itu sendiri.  Informasi tentang lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dikembangkan. Sering kali informasi pekerjaan untuk disabilitas dirasa masih sulit diperoleh. Hal ini pula yang menjadi salah satu kendala dalam topik pendidikan vokasional bagi anak berkebutuhan khusus.

Ibarat gayung bersambut, sebuah situs bernama kerjabilitas.com hadir sebagai website jaringan sosial karir yang menghubungkan penyandang disabilitas dengan penyedia kerja di Indonesia. Pendidikan keterampilan kerja merupakan upaya dari dalam lembaga pendidikan, sedangkan kerjabilitas.com menjadi media bagi peserta didik dengan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Kehadiran kerjabilitas.com dirasa dapat menjadi rujukan informasi lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

Kerjabilitas.com yang dibua11358988_1639019009649657_80995859_nt dan dikelola oleh Lembaga Saujana berupaya menjembatani para penyedia kerja untuk memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas sekaligus melaksanakan aturan hukum yang berlaku bagi perusahaan untuk mempekerjakan mereka. Di dalam website kerjabilitas.com selain menyediakan informasi pekerjaan dan forum komunikasi, terdapat juga berbagai konten baik visual, audio, dan video, tentang kecakapan hidup (life skill) dan pengembangan diri untuk membantu penyandang disabilitas meningkatkan kemampuan mereka dalam persaingan di dunia kerja. Semua informasi yang ada dalam kerjabilitas.com akan selalu dilengkapi dan diperbarui secara berkala.

Dalam website tersebut dijelaskan pula mekanisme kerjabilitas.com yang cukup sederhana. Pelamar pekerjaan melakukan registrasi, melengkapi profil, mengunggah CV dan foto. Setelah itu, pelamar bisa aktif mencari lowongan yang sesuai dan melamar secara online dengan menulis beberapa kalimat tentang diri pelamar. Keuntungan dari kerjabilitas.com ini adalah pelamar akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan lewat akun email yang terdaftar setiap ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria pelamar. Selain itu, pelamar bisa mengundang teman sesama penyandang disabilitas untuk bergabung dalam jaringan sosial karir ini.

Pembaca dapat mengakses www.kerjabilitas.com untuk mengetahui seluruh konten dan mekanisme website jaringan karir bagi disabilitas ini secara langsung.

Membutuhkan sharing partner atau konsultasi layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus? kami terbuka untuk berbagi dengan anda. Hubungi kami!

1 comments
amelia_mike
amelia_mike

setuju, mungkin mereka malah lebih kreatif dibandingkan kita. Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.