disability vs impairment

Disability atau Impairment?

Posted on Posted in Artikel, Wawasan

Seringkali kita mendengar istilah disability dan impairment di lingkungan pendidikan anak berkebutuhan khusus, terutama teoritis. Mungkin juga orang tua atau masyarakat yang sering berinteraksi dengan disabilitas sering mendengar istilah tersebut. Apakah istilah tersebut memiliki perbedaan? Ada beberapa sumber yang berpendapat bahwa kedua istilah tersebut memiliki arti yang mirip.

Impairment memiliki arti kerusakan dalam Bahasa Inggris. Menurut WHO, Impairment digunakan untuk menyebut kondisi ketidaknormalan atau hilangnya struktur atau fungsi psikologis atau anatomis. Jadi, istilah impairment berkaitan dengan adanya kerusakan pada  organ tubuh (kerusakan organik).

Disability dalam Bahasa Inggris memiliki arti ketidakmampuan. WHO menjelaskan disability sebagai ketidakmampuan atau keterbatasan sebagai akibat adanya impairment untuk melakukan aktivitas dengan cara yang dianggap normal bagi manusia. Istilah disability dapat diartikan sebagai dampak dari adanya kerusakan organik atau impairment yang mengakibatkan hambatan untuk dapat melakukan aktivitas menggunakan organ yang mengalami kerusakan.

Sebagai contoh, seseorang karena suatu hal mengalami kerusakan pada organ telinga sehingga orang tersebut kesulitan untuk mendengar. Kondisi yang dialami pada organ telinga disebut dengan impairment, sedangkan kesulitan untuk mendengar akibat dari organ telinga yang rusak disebut disability. Jadi, disability dan impairment bukan istilah yang memiliki makna yang mirip, melainkan istilah yang saling berkaitan. Impairment adalah kerusakan secara organik, dan disability adalah dampak dari adanya kerusakan organik. (Ami)

Ada pertanyaan berkaitan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus? Kami terbuka untuk berbagi dengan anda. Hubungi Kami!!

0 comments