Glosarium

IstilahArti
20/20 fartinya anak tunanetra katagori di atas hanya dapat melihat dari jarak 20 feet(6 meter), sedangkan anak normal pun melihat jarak pada 20 feet (6 meter).
20/200 fartinya anak tunanetra katagori di atas hanya dapat melihat dari jarak 20 feet (6 meter), sedangkan anak normal mampu melihat hingga jangkauan 200 feet(60 meter)
20/70 fartinya anak tunanetra katagori di atas hanya dapat melihat dari jarak 20 feet(6 meter), sedangkan anak normal mampu melihat hingga jangkauan 70 feet(21 meter). Ini tergolong kurang liat (low vision).
A false belief task tes untuk melakukan dugaan tentang sesuatu yang diketahui seseorang serta meramalkan perilaku yang sesuai dengan tindakannya.
A loofness and social withdrawalperilaku suka menyendiri.
Abnormaltidak normal, menyimpang dari struktur, posisi, kondisi, atau perilaku biasa atau apa yang dianggap normal.
Academic learning kemampuan untuk mencapai keterampilan-keterampilan konseptual, seperti membaca, menghitung, dan mengaplikasikan sesuatu yang dipelajari hari ini setelah memperoleh pembelajaran sebelumnya.
Activity Daily LivingKegiatan dalam kehidupan sehari-hari seperti makan, mandi, berpakaian, toiletry, dan lain-lain.
Adaptive behavior kemampuan untuk melakukan respon secara aktif dengan maksud tertentu di lingkungan yang baru dikenalnya.
Adjustment disordersreaksi yang tidak wajar terhadap lingkungan.
Afektifberkenaan dengan perasaan.
Affective disordersGangguan pada perasaan, emosi, atau mood yang mewarnai penampilan sehari-hari.
Agresifrespon marah yang bersifat impulsive. Dapat berupa verbal maupun fisik.
Akademi fungsionalilmu pengetahuan yang berfungsi dasar dalam kehidupan sehari-hari seperti membaca, menulis, dan berhitung
Akomodasi Proses yang digunakan untuk mengubah metode lama dan menyesuaikan dengan situasi baru.
Aktualisasi diri teori motivasi Abraham Maslow yang berdasarkan kepuasan kebutuhan; Maslow yang menyatakan bahwa anak tidak dapat mencapai aktualisasi diri, sebelum kebutuhan dasar tertentu yang meliputi makanan, tempat tinggal, keamanan, dan kasih sayang dipenuhi.
Ambulasikegiatan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.
Amputasipemotongan anggota tubuh yang disebabkan penyakit kronis atau kecelakaan sehingga salah satu anggota tubuh menjadi hilang dan sering diganti dengan anggota tubuh tiruan.
Amygdala suatu area yang ada pada medial temporal lobe yang khusus sebagai pusat informasi berkaitan dengan emosi.
Anak berbakat dan bertalenta Anak yang menunjukkan potensi kinerja tinggi dalam kapasitas intelektual, kreatif, artistik, atau kepemimpinan.
Anak berbakatMereka yang oleh orang-orang professional telah diidentifikasi sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena mempunyai kemampuan-kemampuan yang unggul.
Anak dengan keterbatasanAnak yang membutuhkan pendidikan khusus dan layanan yang terkait Karena cacat mental, gangguan pendengaran, gangguan bicara atau bahasa, gangguan emosional yang parah, gangguan ortopedi, autism, luka traumatis pada otak, gangguan kesehatan lain, atau keterbatasan pembelajaran tertentu.
Anak savant anak terpelajar dengan daya ingat yang luar biasa.
Anak schizophrenia anak yang hidupnya tidak konstan dan selalu ingin melawan.
Anak tunagrahitaanak yang mengalami kondisi dimana kecerdasannya di bawah rata-rata (IQ di bawah 70) sehingga mengalami kesulitan merawat diri, berkomunikasi, interaksi sosial, fungsi akademis, kesehatan, keamanan, dan keterampilan lainnya yang berkaitan dengan keterampilan adaptif dalam kehidupan sehari-hari. Istilah lain untuk tunagrahita diantaranya retardasi mental (Mental Retardation), mental deficiency, mentally defective, keterbelakangan mental.
Anak TundadaksaAnak yang mengalami kondisi kekurangan pada tubuh yang dimana terdapat kelaianan pada sistem otak (cerebral system) dan kelainan sistem otot dan rangka.
Analisis perilaku terapan (ABA)teori bahwa perilaku yang dihargai cenderung diulangi daripada perilaku yang diabaikan.
Anestasi pembiusan.
Anorexia nervosaTidak bernafsu makan secara luar biasa ditandai dengan tubuh semakin kurus.
Anoxia / hypoxiakondisi kekurangan oksigen pada jaringan tubuh manusia yang menyebabkan cacat pada otak bayi.
Antroposofi Nama yang diberikan Stainer kepada “Ilmu Kebjaksanaan manusia”; prinsip dasar pendidikan waldorf.
Anxiety disordersKelainan rasa takut sebagai ciri pokok, mungkin hanya dalam situasi tertentu.
Aphasia motoriksalah satu karakteristik tunadaksa yaitu mampu menangkap informasi dari lingkungan sekitarnya melalui indra pendengaran, tetapi tidak dapat mengemukakannya lagi secara lisan.
Aphasia sensorissalah satu karakteristik tunadaksa yang berupa ketidakmampuan bicara karena organ reseptor anak terganggu fungsinya.
AptitudeKawasan kemampuan umum.
Asesmen proses mengumpulkan dan mencatat informasi mengenai perkembangan, pembelajaran, kesehatan, perilaku, proses akademik, kebutuhan layanan khusus, dan pencapaian anak untuk membuat berbagai keputusan pendidikan mengenai anak dan program.
Asesmen formal melibatkan penggunaan tes terstandarisasi yang memiliki prosedur dan instruksi yang telah ditentukan bagi pengurus dan telah dinormakan, yaitu dengan cara membandingkan skor anak dengan skor kelompok anak yang telah diberi tes yang sama.
Asesmen informal proses mengumpulkan informasi mengenai siswa dengan cara selain tes terstandarisasi.
Asesmen multidisipliner (MDA)pendekatan tim yang menggunakan berbagai metode untuk mengadakan evaluasi anak.
Asesmen otentik asesmen yang diadakan melalui aktivitas yang menuntut anak untuk menunjukkan pengetahuan dan kemampuan mereka; juga disebut sebagai asesmen berbasis performa
Asimilasi Pengambilan data sensorik melalui pengalaman dan kesan sertapenggabungan data tersebut dengan pengetahuan yang sudah ada.
Astigmatisme atau mata silindriscacat mata yang disebabkan kornea mata akibat berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih melengkung ke suatu bidang yang lain (bidang silindris) sehingga benda tidak di fokuskan sebagai garis pendek. Cara mengatasinya dengan menggunakan kacamata silindris.
Ataxia jenis cerebral palsy yang ditandai dengan kehilangan indra keseimbangan tubuh atau kurangnya kemampuan untuk bergerak dan terjadi kekakuan serta tidak terkoordinasinya gerak yang diperlukan untuk keseimbangan sikap dan berpindah tempat.
Atropiotot menjadi kecil karena kerusakan sel saraf yang disebabkan penyakit poliomyelitis
Attention Deficit DisorderGangguan meliputi tidap dapat memusatkan perhatian, impulsive, dan hiperaktif.
Auditory Expressive LanguagePerkembangan bahasa ekspresif auditory (membaca).
Auditory receptive languagePerkembangan bahasa reseptif pendengaran.
Autistic child anak mempunyai kelainan yang bersifat autism.
Avitaminosis Akekurangan vitamin A, jika nerkelanjutan dapat mengakibatkan rabun jauh  atau rabun dekat, rabun senja, dan penyakit mata yang lainnya.
Bahasa bibir disebut bahasa oral, anak tunarungu mempelajari gerakan bibir dalam memahami suatu percakapan.
Bahasa isyarat Bahasa yang di lakukan dengan kode berupa gerakan jari yang mewakili suatu kata.
Behavioristik Pendekatan ini menekankan pada pengendalian rangsang luar, penggunaan konsekuen yang konsisten, dan rutinitas yang tinggi.
Belahan otak kananBerfungsi imaginative, kreatif, dan berpikir divergen.
Berbakat kesulitan belajarAnak-anak berbakat yang dalam perkembangannya mengalami gangguan dalam satu atau lebih proses psikologis dasar.
Berbakat Penyandang TunadaksaAnak-anak berbakat yang mengalami gangguan dalam fungsi gerak karena kecacatan otot, tulang atau persendian sehingga menghambat aktivitas sehari-harinya.
Berbakat Penyandang TunalarasAnak-anak berbakat yang dalam perkembangannya mengalami gangguan dalam segi sosial atau emosinya sehingga kurang mampu menyesuaikan diri secara wajar terhadap norma yang berlaku.
Berbakat Penyandang TunanetraAnak-anak berbakat yang memiliki ketajaman penglihatan atau visus 6/21.
Berbakat Penyandang TunarunguAnak-anak berbakat yang mengalami kekurangan kemampuan pendengaran sehingga mengalami kesulitan dalam memahami biara orang lain melalui telinganya.
Bina dirimelakukan sesuatu untuk merawat diri sendiri.
Blindlismgerakan-gerakan yang dilakukan tunanetra tanpa disadari.
Brailleserangkaian titik timbul yang dapat dibaca dengan perabaan jari oleh tunanetra. Braille merupakan kode yang memungkinkan bahasa dapat dibaca dan ditulis. Setiap satu blok terdiri dari 1 sampai 6 titik domino yang susunannya untuk mengungkapkan berbagai huruf dan simbol.
Brain lateralization perbedaan fungsi antara belahan kanan otak dan belahan kiri otak.
BulimiaMemakan makanan yang memabukkan sehingga muntah yang diselingi dengan diet secara ketat.
Cerebral palsy beratkondisi cerebral palsy yang dimana penyandangnya membutuhkan bantuan untuk merawat diri dan menjalani kehidupan sehari-hari.
Cerebral palsy ringankondisi cerebral palsy yang dialami seseorang dimana orang tersebut masih dapat berjalan tanpa menggunakan alat, berbicara dengan tegas, dapat menolong dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat mengikuti pendidikan seperti pada umumnya.
Cerebral palsy sedangkondisi cerebral palsy yang dimana penyandangnya membutuhkan treatment atau latihan khusus untuk dapat berbicara, berjalan, dan mengurus dirinya sendiri. Kelompok cerebral palsy sedang membutuhkan alat bantu untuk bergerak seperti brace (penyangga kaki), kruk (tongkat penopang untuk berjalan). Kelompok ini diharapkan dapat mengurus dirinya sendiri
Cerebral palsyjenis tunadaksa yang terdapat kelainan pada sistem otak atau kelumpuhan otak yang ditandai dengan adanya kelainan gerak, sikap atau bentuk tubuh, gangguan koordinasi, kadang-kadang disertai gangguan psikologis dan sensoris yang disebabkan oleh adanya kerusakan atau kecacatan pada masa perkembangan otak.
Choreoathetoidjenis cerebral palsy yang sukar mengontrol tangan dan kaki dalam melakukan aktifitas, terjadi gerakan-gerakan yang tidak dikehendaki terutama pada jari dan tangan.
Chronic motoric disordersGerakan seperti Transientic Disorders tetapi bersifat kronis.
Chronological Ageusia seseorang sesuai pertumbuhan fisik (kronologis).
CMVsingkatan dari citomegalovirus.
Conduct DisorderPenyimpangan perilaku berupa Acting out, Agresif, dan berbuat kekacauan.
Congenitalkondisi cacat tubuh bawaan dari lahir
Corneaorgan mata yang terletak di bagian luar bola mata yang langsung menerima cahaya dari sumber cahaya. Kornea mata berupa struktur transparan yang mengerupai kubah, merupakan pembungkus iris, pupil, dan bilik anterior yang membantu memfokuskan cahaya
Deaf fungsi indra pendengar tidak bekerja fungsional dalam kehidupan sehari-hari (tuli).
Debilistilah untuk kondisi tunagrahita ringan sehingga masih dapat diberikan pendidikan akademi fungsional dan kemandirian.
Diplegiakondisi cerebral palsy yang mengalami lumpuh di kedua tangan kanan dan kiri atau kedua kaki kanan dan kiri
Disabilitaskondisi ketunaan yang dialami seseorang sehingga seseorang tersebut membutuhkan layanan khusus, perlakuan khusus, dan atau alat bantu agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari
DisabilityPenurunan atau reduksi fungsi dari suatu bagian atau organ tertentu
Disadvantage GiftedKelompok anak-anak berbakat yang secara sosial atau ekonomi kurang beruntung.
DSM IIIPedoman yang digunakan untuk mendiagnosis ketunalarasan bagi tenaga klinis.
Echolalia kemampuan menirukan persis ucapan atau kata-kata yang telah diucapkan orang lain, tetapi dia sendiri tidak mengerti maknanya.
EkologisPendekatan ini menekankan bahwa penanganan tidak hanya diberikan kepada anak termasuk juga lingkungan, keluarga, sekolah dan masyarakat.
Ekstrapunitif respon inpulsif yang diarahkan pada orang lain
Emotionally ImpairedGangguan Emosi.
Epilepsi (ayan)terjadinya loncatan listrik yang berlebih pada otak anak sehingga menyebabkan gangguan pada gerak, tingkah laku, penginderaan, dan kesadaran pada anak karena kegiatan elektrik yang tidak normal pada anak.
Epilepsi Grand Maljenis epilepsi dengan ciri-ciri serangan yang tiba-tiba, otot menjadi kaku, hilang kesabaran, dan jatuh hingga mengeluarkan air ludah, dan buang air.
Epilepsi Petit Maljenis epilepsi dengan ciri-ciri ketidaksabaran tingkat raja, dan dimana raja seperti mimpi, pikiran kosong dan tidak mendengar apa saja. Serang petit mal lebih sering dari grand mal.
Epilepsi serangan tiba-tiba pada psikomotorjenis epilepsi dengan ciri munculnya perbuatan tak bertujuan dan tidak tepat, mengecap-ngecap bibir, berjalan keliling tanpa tujuan, dan berteriak-teriak.
Exceptional ChildrenAnak luar biasa.
Factor GFaktor general atau umum.
Faktor SFaktor Spesific atau khusus.
Female Giftedkelompok anak-anak wanita yang berbakat.
Folder PECS folder interaktif yang dapat digunakan anak untuk menukar-nukarkan simbol yang mewakili benda-benda yang mereka inginkan.
Frostig movement skills test batteryTes untuk menilai koordinasi mata-tangan, keseimbangan, kekuatan dan pengendalian gerak mata.
Full writingmenulis dengan lengkap.
Functional encopresesBuang air besar secara tidak terkendali.
Functional enuresiskencing secara tidak terkendali.
Fungsi akademisfungsi kecerdasan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Gangguan koordinasigangguan mengkoordinasikan gerakan otot dan respon pancaindra.
Gangguan persepsiKesulitan dalam melakukan pengamatan terhadap rangsang yang masuk.
Gangguan psikologisGangguan Psikologis adalah gangguan dalam cara berpikir, kemauan, emosi, dan perilaku. Gangguan psikologis dapat diartikan juga sebagai kumpulan dari keadaan-keadaan yang tidak normal, baik yang berhubungan dengan fisik, maupun dengan mental.
Genu recorvatum lutut melenting ke belakang akibat penyakit poliomyelitis.
Gifted and Talented Kemampuan dan kecerdasan luar biasa.
Gloukomasalah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan semakin lama akan semakin berkurang sampai akhirnya mata menjadi buta.
Guide doganjing yang dilatih untuk menjadi pemandu bagi orang yang buta.
Guiding blocksarana/prasarana berupa pemetaan jalanan yang bertekstur seperti ubin yang di dalamnya terdapat  pola yang menimbul. Guiding blok ini untuk membimbing/mempermudah penyandang tunanetra dalam berjalan. Biasanya ada di tempat-tempat umum. Warnanya seringkali berbeda dengan lantai/jalan pada umumnya.
Guru Pembimbing Khusus (GPK)guru yang memiliki kualifikasi atau latar belakang pendidikan dari jurusan Pendidikan Luar Biasa yang bertugas menjembatani kesulitan ABK dan guru kelas dalam proses pembelajaran serta melakukan tugas khusus terkait pembelajaran yang tidak dilakukan oleh guru pada umumnya.
Hambatan mentaldalam pendidikan khusus atau pendidikan luar biasa, istilah hambatan mental terkait dengan kondisi perkembangan mental yang mengalami gangguan pada anak berkebutuhan khusus sehingga membutuhkan layanan pendidikan khusus.
HandycapHambataan atau gangguan yang diakibatkan oleh adanya kerusakan.
Hard of hearing kehilangan pendengaran sebagian.
Hasrat ingin tahu keadaan emosi yang menyenangkan yang mendorong anak untuk mengadakan penjelajahan dan mempelajari arti-arti yang baru.
Hearing aids alat bantu dengar
Hellen Adams Kellerseorang tokoh terkenal dalam dunia pendidikan bagi penyandang tunanetra, Hellen Adams Keller atau Hellen Keller sendiri adalah penyandang tunanetra dan tunarungu (tunaganda) yang lahir di Tuscumbia, Alabama, 27 Juni 1880. Hellen Keller adalah pendiri yayasan tunanetra di Amerika.
Hemiplegiakondisi cerebral palsy yang lumpuh anggota gerak atas dan bawah pada sisi yang sama, misalnya tangan dan kaki kanan , atau tangan kiri dan kaki kiri.
Herpesherpes adalah infeksi virus rekuren yang disebabkan oleh herpesvirus hominis (HVH).
HiperBerlebih
Hiperopykerusakan refraksi (pembelokan cahaya) pada mata, dimana dalam keadaan santai sinar yang masuk ke mata titiknya jatuh ke belakang retina. Disebabkan oleh refraksi mata karena lensa atau otot-ototnya sehingga tidak dapat berakomodasi dengan baik, dalam situasi normal lensa akan menyesuaikan tingkat kecembungan agar sinar dari benda masuk jatuh tepat di retina.
Hipokurang
HumanisticPendekatan dengan menuntut sistem pendidikan yang lebih bebas, terbuka dan berpusat pada murid.
Hydrocephaluspembesaran pada kepala karena produksi cairan yang berlebihan.
Hypersensitivity (hyperesponsiveness) otak terlalu banyak mengambil informasi.
Hyposensitivity (hyporesponsiveness) otak terlalu sedikit mengambil informasi.
IdeationalKemampuan mengantisipasi tanpa pertemuan langsung.
Idiotistilah untuk kondisi tunagrahita berat, dimana individu yang mengalami hanya mampu mengandalkan bantuan orang lain untuk merawatnya sehari-hari.
Imbisilistilah untuk kondisi tunagrahita sedang, dimana individu yang mengalaminya masih mampu dilatih untuk melakukan beberapa keterampilan terkait kemandirian.
Impulsive melakukan tindakan secara mendadak tanpa berpikir sebelumnya.
Inatensi ketidakmampuan untuk menyimak atau mempertahankan perhatian.
Infasi Periode sejak bayi usia 10-14 hari.
InfeksiInfeksi adalah masuk dan berkembangnya agen infeksi ke dalam tubuh seseorang atau hewan. 
Infero temporal gyrus otak untuk melakukan persepsi suatu objek.
Insidensijumlah kasus baru yang ditemukan pada kurun waktu tertentu.
InsightProses membedakan informasi yang relevan, proses mengkombinasikan informasi yang terpisah, dan proses menghubungkan informasi-informasi baru dengan informasi sebelumnya.
Intellegence QuotientIQ atau intelegensi.
Interaksi sosialhubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.
Intrapunitif respon inpulsif yang diarahkan pada diri sendiri.
IQintelligence quotient, istilah untuk menggambarkan tingkat kecerdasan seseorang.
Iri hati respon yang muncul akibat hilangnya kasih sayang yang menimbulkan sikap menolak orang lain.
IST (intellegencee Structure Test)Tes yang digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan intelegensi anak berbakat yang mengalami kesulitan belajar.
JAWS (Job Access With Speech syntesizer)sebuah software atau piranti lunak pembaca layar yang berguna untuk tunanetra menggunakan komputer.
Kaki pengkorCacat kaki ditandai dengan bentuk melengkung atau bengkok.
Kasih sayang ungkapan perhatian yang hangat, bersahabat, simpati, dan kesediaan untuk menolong.
KeberbakatanMemiliki intellegence quotient 140 ke atas berdasar test Stanford-binet dan memiliki kreativitas, kemampuan memecahkan masalah dan sebagainya.
Kecemasan / anxiety keadaan emosional yang digeneralisasikan dan bersifat subjektif.
Kekhawatiran takut yang dibayangkan, tidak riil, merupakan hasil pemikiran anak. Biasanya muncul pada usia tiga tahun. Bersifat objektf.
Kelainan sistem gerakkelainan yang terjadi pada sistem alat gerak manusia yang terdiri dari persendian, otot dan tulang-tulang yang bergabung membentuk rangka. Kelainan tersebut disebabkan kelainan sejak lahir, kekurangan vitamin, dan kecelakaan. Bentuk dari kelainan sistem gerak ini diantaranya rickets (kaki berbentuk x atau o), osteoporosis (penghancuran tulang lebih cepat daripada proses pembentukan tulang), peradangan sendi, patah tulang (fraktura), lepas sendi, lordosis, kifosis, Sublubrikasi, keseleo, dan lain-lain.
Kelenjar Pituitari tempat produksi hormone pertumbuhan yang menentukan tinggi dan berat tubuh anak.
Kemampuan berbakatKeampuan inteletual umum, akademik khusus, berpikir kreatif-produktif, memimpin, bidang seni, dan psikomotor atau olahraga.
Kemampuan DivergenKemampuan individu untuk memberikan bermacam-macam kemungkian jawaban berdasarkan informasi yang diberikan, dengan penekanan pada keragaman jumlah dan kesesuaian. (kreativitas).
Kemampuan Kovergenkemampuan untuk memberikan jawaban atau penarikan kesimpulan yang logis berdasarkan informasi yang diberikan, dengan penekanan pada pencapaian jawaban tunggal atau satu-satunya jawaban benar. (intelegensi)
Kesukaan/ joy emosi yang menyenangkan dalam bentuk yang lebih lunak dikenal sebagai kesenangan, kegembiraan, atau kebahagiaan.
Kesulitan belajar spesifikGangguan dalam satu atau lebih proses-proses psikologi dasar yang terlibat dalam memahami atau menggunakan bahasa lisan atau tertulis, yang dapat muncul dalam ketidaksempurnaan kemampuan untuk mendengarkan, berpikir, berbicara, menulis, mengeja, dan mengerjakan hitungan matematika.
Kesulitan Belajar Penyimpangan dalam bidang akademik dasar (berhitung, membaca, mengeja, dan menulis), serta gangguan berbicara dan berbahasa.
Keterampilan adaptifkemampuan untuk menyesuaikan diri.
Keterampilan motorikkemampuan seseorang untuk melakukan gerakan terkoordinasi menggunakan kombinasi berbagai tindakan otot. Keterampilan motorik kasar cenderung dilakukan oleh otot-otot besar dan menghasilkan gerakan tubuh yang lebih besar seperti berlari dan melompat. Keterampilan motorik halus cenderung dilakukan oleh otot-otot yang lebih kecil seperti yang di tangan dan menghasilkan tindakan seperti menulis atau mengancingkan baju.
Keterbatasan PersepsiKurang berfungsinya modalitas pengamatan dalam melakukan pengamatan terhadap rangsang yang datang dari luar.
Ketertarikan obsesif antusiasme anak pada hal-hal tertentu
Ketidaksempurnaan SensoriSesuatu yang didengar atau dilihatnya berbeda dari sebenarnya.
Kifosisgangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke depan yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok.
Klasifikasi psikiatrisDaftar penyakit kepribadian dan kelainan jiwa yang dikelompokkan menjadi ringan atau sedang dan berat.
Kognitifberhubungan dengan kognisi (hasil pemerolehan pengetahuan).
Konsep MilgramKemampuan intelektual umum, khusus, orisinal, dan bakat kreatif khusus.
Kontrakturadanya kekakuan sendi akibat penyakit poliomyelitis.
Koordinasi motorikfungsi harmonis bagian tubuh yang melibatkan pergerakan, termasuk gerakan motorik kasar, gerakan motorik halus, dan perencanaan motorik atau motor planning.
Kreativitaskemampuan menciptakan sesuatu yang baru, melahirkan berbagai ide atau gagasan-gagasan baru, atau melihat hubungan-hubungan baru dari unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.
Kursi rodaalat bantu berpindah dari satu tempat ke tempa yang lain bagi penyandang tunadaksa.
Legally blind / butaseseorang yang memiliki ketajaman penglihatan 20/200 atau kurang bahkan setelah menggunakan alat koreksi penglihatan (contohnya kacamata) atau memiliki lapang pandang sangat terbatas yang maksimal lebarnya tidak lebih dari 20 derajat sehingga harus dibantu dengan metode berbasis audio dan perabaan untuk memperoleh informasi.
Lensa mata atau kristalinbagian mata yang terletak di belakang pupil mata yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke retina. Lensa didukung oleh otot yang disebut muskulus siliaris (otot daging yang melingkar). Apabila otot ini berkontraksi akan terjadi perubahan ukuran lensa. Kemampuan lensa mata ini dinamakan daya akomodasi.
Life skillketerampilan hidup
Lobus occipitalissalah satu dari empat buah lobus pada otak manusia. Lobus lainnya adalah temporal, frontalis, dan parietalis. Secara umum fungsi lobus occipital adalah sebagai diskriminasi visual yang menerima informasi yang berasal dari retina mata, dan diskriminasi beberapa aspek memori.
LokomosiKemampuan berpindah temat dari satu titik ke titik yang lain maupun yang bersifat stasioner.
Long cane (tongkat panjang)merupakan tongkat putih yang digunakan bagi mereka yang menyandang gangguan penglihatan (tunanetra). Tongkat ini juga biasanya digunakan untuk menyokong atau untuk keseimbangan.
Lordosissuatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke belakang yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok ke belakang.
Louis Braillepencipta sistem tulisan braille yang digunakan oleh orang-orang buta.
Low Visionsebuah istilah untuk menyebut individu yang memiliki ketajaman penglihatan antara 20/70 f dan 20/200 f. Individu yang mengalami low vision masih dapat membaca huruf awas dengan huruf dibesarkan atau ukuran biasa, dan memerlukan alat pembesar khusus untuk membaca tulisan tersebut.
Luas pandang/lantang pandang (visual field)Luasnya wilayah yang dapat dilihat orang tanpa menggerakkan matanya. Mata dengan penglihatan normal mempunyai medan pandang 180 derajat.
Mainstreamarus utama. Bagi penyandang disabilitas atau anak berkebutuhan khusus, kehidupan berbaur di masyarakat adalah mainstream dari segala layanan pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan yang diperoleh.
Malladjusted behaviorperilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi atau perilaku yang tidak adaptif.
Malu/ embarrassment bentuk dari reaksi takut kepada orang karena ketidakpastian penilaian orang terhadap anak atau tingkah laku anak. Biasanya muncul pada usia lima sampai enam tahun sesuai dengan perkembangan pengetahuan anak mengenai tuntutan masyarakat dan cara memenuhi tuntutan tersebut.
Malu/ shyness bentuk dari ketakutan yang ditandai dengan gejala menarik diri dari kontak atau pergaulan dengan orang lain.
Marah reaksi emosi yang bergantung pada intensitas, frekuensi, dan kemampuan anak untuk mengendalikannya.
Masa anak-anak Periode sejak usia 2 tahun sampai masa remaja.
Masa anak-anak akhirPeriode sejak usia 6 tahun sampai 13 tahun.
Masa anak-anak awal Periode sejak usia 2 tahun sampai 6 tahun.
Masa bayi Periode sejak usia 2 minggu sampai 2 tahun.
Masa pubertas Periode sejak usia 11 tahun sampai 16 tahun.
Megalencephaly ukuran otak yang besarnya melebihi normal dan banyak terjadi pada individu penyandang sindrom autistic.
Mengembangkan Adatansalah satu karakteristik penyandang tunanetra yang berupa gerakan-gerakan yang dilakukan anak tanpa dia sadari, gerakan ini sangat tidak sedap dipandang orang normal.
Mental Agestandar usia mental seseorang, standar kemampuan seseorang dalam prestasi tingkat kemampuan berfikir.
Metabolismekemampuan tubuh untuk memecah kalori dan oksigen dan mengubahnya menjadi energi.
Mild mental retardationistilah untuk kondisi tunagrahita ringan dengan IQ 50-75.
Mind blindness kelangkaan dalam memahami keadaan psikis terhadap diri sendiri atau orang lain.
Mobilitassuatu kemampuan dan kesiapan untuk bergerak, berpindah tempat. Untuk penyandang tunanetra, berpindah tempat membutuhkan orientasi agar dapat berpindah pada tempat yang tepat.
Model BehavioralAsumsi bahwa gangguan emosi dan perilaku disebabkan oleh ketidakmampuan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
Model BiogenetikAsumsi bahwa penyimpangan perilaku disebabkan oleh kecacatan genetic.
Model ekologisAsumsi bahwa kehidupan ini merupakan satu ekosistem yaitu suatu sistem interaksi terdiri atas benda-benda hidup dan mati.
Model PsikodinamikaAsumsi bahwa perilaku menyimpang disebabkan oleh gangguan yang terjadi dalam proses perkembangan kepribadian karena berbagai factor.
Moderate mental retardationistilah untuk kondisi tunagrahita sedang dengan IQ 33-55.
Monoplegiacerebral palsy yang hanya satu anggota gerak yang lumpuh misalnya kaki kiri, sedangkan kaki kanan dan keduanya tangannya normal.
Motor learning kemampuan untuk meningkatkan keterampilan gerak yang kompleks setelah satu kemampuan sederhana.
Multihandicapkecacatan ganda, dalam diri seseorang mengalami lebih dari satu ketunaan.
Multiple Talent ModelsPenelitian yang dilakukan oleh Taylor yang mengelompokkan keberbakatan menjadi dua kelompok besar (akademik dan yang lain).
Muscle dystrophyjenis tunadaksa dengan kelainan sistem otot dan dengan karakteristik otot tidak berkembang karena mengalami kelumpuhan yang sifatnya progresif (semakin parah) dan simetris.
Musculoskeletalsistem otot dan rangka.
Myklebush Inner Languageperkembangan bahasa dalam memeroleh arti.
NatalKelahiran.
Natalmasa kelahiran.
Nebraska Test of Learning AptitudeTes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual anak tunarungu.
Nerpus opticuskumpulan akson (Akson adalah serat atau serabut saraf yang memproses output dari neuron.) Yang berasal dari sel-sel ganglioner pada seluruh retina. Satu mata mengandung kira-kira 1,25 juta akson. Nervus optikus membentang dari bagian polus posterios mata sampai khiasma optikum. Setelah bersilangan, serabut saraf berjalan melalui traktus optikus menuju badan genikulatum laterale dengan total panjang nervus optikus 35-55 mm.
Neurologispesialisasi medis yang berkaitan dengan studi tentang struktur, fungsi, dan penyakit dan gangguan pada sistem saraf.
Oligophrenia keadaan dengan perkembangan intelektual di bawah normal yang disebabkan adanya luka otak
Organis mental disordergangguan perilaku yang disebabkan oleh disfungsi otak.
Orientasi mobilitas/OMcara berpindah tunanetra dari tempat satu ke tempat yang lain.
Orientasipeninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb) yang tepat dan benar.
Orthopedi cabang kedokteran yang mengkhususkan diri dalam penyakit dan cedera tulang
Pancaindraalat perasa yg lima macam (yaitu penglihat, penghidu (pencium), pengecap (perasa lidah), perasa tubuh, dan pendengar.
Paraplegiakondisi cerebral palsy yang mengalami lumpuh pada kedua tungkai kakinya.
Pelayanan okupasi terapipelayanan kesehatan untuk mengembangkan, memelihara, memulihkan fungsi dan atau mengupayakan kompensasi/adaptasi untuk aktivitas sehari-hari (Activity Daily Living), produktivitas, dan waktu luang melalui remediasi dan fasilitasi
Pelayanan ortotis-prostetismerupakan salah satu bentuk pelayanan medik secara teknik yang ditujukan kepada individu untuk merancang, membuat dan mengepas alat bantu guna pemeliharaan dan pemulihan fungsi, atau pengganti anggota gerak.
Pelayanan psikologibentuk pelayanan ini bertujuan untuk pengembangan, pemeliharaan mental emosianal serta pemecahan problem yang diakibatkan oleh keadaan/kondisi sakit, penyakit dan cedera.
Pelayanan sosial medikbentuk pelayanan pemecahan masalah sosial akibat dari suatu keadaan/kondisi sakit, penyakit atau cedera untuk bisa kembali ke masyarakat.
Pelayanan terapi wicarabentuk pelayanan kesehatan untuk memulihkan dan mengupayakan kompensasi/adaptasi fungsi komunikasi, bicara dan menelan dengan melalui pelatihan  remediasi, stimulasi dan fasilitasi (fisik, elektroterapiutis dan mekanis).
Pelayananan fisioterapibentuk pelayanan kesehatan untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi organ tubuh dengan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektro terapiutik dan mekanis), pelatihan.
Pengikatan TugasUnsur motivasional yang menentukan kinerja seseorang sekalipun menghadapi berbagai rintangan atau hambatan.
PersepsiProses masuknya informasi yang merupakan instrument penting dalam perkembangan kognisi.
PerseptualTidak dapat diamatai melalui perilaku nyata.
Perseverative penggunaan secara spontan pikiran, khayalan, anak kalimat, dan waktu dalam benak anak penyandang sindrom autistic.
Personality DisordersTidak luwes dan tidak dapat menyesuaikan diri dalam menanggapi lingkungan dan dirinya sendiri.
Pertumbuhan kualitatif Pertumbuhan yang berorientasi pada perubahan progresif, koheren, dan teratur.
Pertumbuhan kuantitatif Pertumbuhan yang berorientasi pada ukuran dan struktur.
PicaMemakan benda-benda non-makanan.
Poliokelainan fisik akibat virus polio saat dalam kandungan, dan atau setelah kelahiran.
Poliomyelitismerupakan suatu infeksi pada sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh virus polio yang mengakibatkan kelumpuhan dan sifatnya menetap.
Post natalmasa setelah kelahiran.
Pra natal Periode sejak konsepsi sampai kelahiran.
Praxis melakukan kegiatan secara praktis atau merupakan kegiatan terkoordinasi dan suka rela.
Pre natalmasa sebelum dilahirkan atau dalam kandungan.
PrematurKelahiran sebelum waktunya.
PrenatalSebelum kelahiran.
Prevalensijumlah orang dalam populasi tertentu yang menunjukkan gejala yang dimaksud pada saat tertentu.
Profound mental retardationistilah untuk kondisi tunagrahita sangat berat dengan IQ di bawah 20-25.
Prosedur identifikasiKesegeraan, fleksibilitas, pragmatis, terpadu, dan berkesinambungan.
Prostesisperangkat buatan untuk menggantikan bagian yang hilang dari tubuh.
PsikoanalisaPendekatan ini menekankan penggunaan pengajaran klinis dalam menangani anak-anak tunalaras.
PsikoedukatifVersi pragmatic dari pendekatan psikoanalisa dengan penekanan pada hal-hal yang praktis dan pengembangan ego.
Psikomotorberhubungan dng aktivitas fisik yg berkaitan dng proses mental dan psikologi.
Psychological adjustmentPenyesuaian psikologis.
Psychosexual DisordersKelainan dalam perilaku dan fungsi seksual.
Pupil /anak mataadalah bagian dari mata yang dimana cahaya masuk lewat pupil dan diteruskan melalui lensa mata, yang memusatkan bayangan ke retina. Pupil terletak di belakang retina bagian tengah. Ukuran pupil dikendalikan oleh otot. Bila perlu banyak cahaya, pupil membesar. Bila cahaya bertambah terang, pupil bertambah kecil. Perubahan ini terjadi secara refleks. Pupil dapat dibandingkan dengan pengatur cahaya pada kamera. Pupil akan lebih jelas terlihat apabila dilihat dengan sebuah mikroskop.
Quadriplegiakondisi cerebral palsy yang mengalami kelumpuhan seluruh anggota geraknya. Mereka cacat pada kedua tangan dan kakinya.
Rabun dekatkebalikan dari rabun jauh, bisa melihat objek jauh dengan jelas dan terlihat kabur melihat objek yang dekat. Hal ini terjadi karena fokal point jatuh diluar retina mata. Secara teknis rabun jauh punya dua nama, disebut hipermetropia jika terjadi pada anak dan orang dewasa usia dibawah 40 tahun dan disebut presbiopia jika terjadi pada orang tua usia 40 tahun ke atas.
Rabun jauh (mata minus)adalah kondisi dimana mata tidak mampu melihat objek yang relatif jauh dengan jelas (terlihat kabur) dan memiliki kemampuan untuk melihat objek yang relatif lebih dekat dengan jelas. Hal ini terjadi karena cahaya pantulan objek yang masuk ke mata (focal point) tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur.
Raven Progressive MatricesTes yang digunakan untuk mengidentifikasi keberbakatan pada anak-anak.
Reactive Attachment DisordersTerlalu melekat pada orang lain.
Refraksipembengkokan berkas cahaya. Untuk memiliki penglihatan yang jelas, mata harus memfokuskan berkas cahaya pada retina, yang berarti membengkokkan mereka saat memasuki mata. Dua struktur mata yang melakukan refraksi adalah kornea dan lensa. Pembiasan sinar yang terjadi di mata dan usaha dari mata agar bayangan jatuh tepat di retina.
Regletalat berbentuk papan yang digunakan untuk membuat tulisan braile oleh tunanetra. Reglet digunakan bersama dengan stilus. Di antara reglet dan stilus terdapat kertas untuk diberi tulisan braile.
Rehabilitasi medispemberian layanan yang dilakukan oleh bidang kedokteran
Rehabilitasi psikososialyaitu bantuan konseling agar penyandang disabilitas dapat hidup bermasyarakat secara wajar tanpa harus merasa rendah diri.
Rehabilitasi vokasionalpemberian pendidikan keterampilan bekerja yang sesuai dengan minat yang didukung dengan kemampuan penyandang disabilitas agar keterampilan tersebut dapat berguna di masa depan sebagai penghasilan.
Rehabilitasiupaya pemulihan.
Repetitiveperilaku pengulangan gerak.
Respon postural gerakan-gerakan otomatis yang meluas ke batang tubuh, leher, serta kepala atas dan bawah melawan tarikan gaya berat.
Retinabagian dari mata yang memiliki struktur berlapis dengan beberapa lapis neuron (syaraf) interkoneksi oleh sinapsis neuron satunya yang secara langsung sensitif terhadap cahaya adalah sel-sel fotoreseptor. Retina terbagi dalam dua jenis yaitu rods dan cornes. Fungsi rods bekerja di lampu redup yang menyadiakan penglihatan di siang hari dan persepsi warna.
Rigidtipe cerebral palsy yang memperlihatkan kekakuan yang ekstrim pada anggota tubuh dan otot dalam keadaan tegang secara terus-menerus.
Rubellaatau campak  jerman,  infeksi virus akut yang menyebabkan penyakit ringan pada anak-anak dan penyakit sedikit lebih parah pada orang dewasa. Infeksi akut rubella dapat menyebabkan malformasi janin jika terjangkit selama trimester pertama kehamilan. Penyakit ini menyebar orang-ke-orang melalui partikel udara 
Rumination DisordersMutah-muntah setiap makan
Schizoid DisordersPerilaku mirip schizophrenia tetapi bukan dan penyimpangan lebih ringan.
Schizophrenia hendaya dengan adanya gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan psikis, cara berpikir, persepsi, perasaan diri, perilaku, dan keberfungsian kecerdasan interpersonal.
SchizophreniaTidak ada kontak dengan alam nyata, pikran aneh, dan berbuat secara tidak wajar.
Schizophrenic disordersGangguan psikotik ditandai oleh distorsi berpikir, persepsi tidak normal dan perilaku serta emosi aneh.
Schizophreniform DisordersSchizophrenic disorder yang terjadi secara berkala.
ScoliosisSebuah lengkungan ke samping yang abnormal dari tulang belakang.
Screen readersebuah software untuk mengidentifikasi dan mengambarkan apa yang tertera di dalam layar atau video monitor. Screen reader menginterpretasikan kepada pengguna dengan cara text to speech dengan sound icon atau braille output deurce.
ScreeningPenjaringan.
Sedih respon yang muncul saat anak kehilangan sesuatu yang dicintai dan merupakan emosi yang tidak menyenangkan.
Segregationsegregation atau segregasi ialah pemisahan antara satu kumpulan etnik satu dengan etnik yang lain dalam sebuah negara. Pemisahan berlaku dalam beberapa keadaan, antaranya dari segi kawasan tempat tinggal, sistem persekolahan, pengangkutan dan kemudahan awam. Segregasi wujud sama ada didasari oleh Undang-undang atau sebaliknya seperti Dasar Aparteid di Afrika Selatan yang dilaksanakan antara tahun 1948-1994. Segregasi dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus diartikan layanan pendidikan yang dikhususkan dengan tujuan tertentu, tidak berbaur dengan siswa pada umumnya.
Sekolah inklusilembaga pendidikan yang menempatan anak berkebutuhan khusus di kelas regular, sehingga anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti kegiatan belajar dengan anak-anak regular.
Sekolah khusussekolah khusus atau special school merupakan sekolah untuk memfasilitasi anak-anak dengan kebutuhan khusus.
Self smart kemampuan untuk mengamati diri sendiri, proses berpikir, refleksi diri, dan intuisi diri.
SemanticVariasi antar kata.
SENDA Special educational Needs and Disability Act 2001 (Undang-Undang Kebutuhan Pendidikan Khusus dan Disabilitas 2001).
Sensorisberhubungan dengan pancaindra.
Sensory integration proses pengorganisasian secara neurologis dari pengorganisasian informasi yang didapatkan dari seluruh tubuh kita dan dari dunia sekeliling kita yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Sensory integration dysfunction ketidakmampuan untuk memproses informasi yang diterima melalui indra.
Severe mental retardationistilah untuk kondisi tunagrahita berat dengan IQ 20-40.
Short-term memoryingatan jangka pendek.
Sistem saraf pusatSistem saraf pusat adalah bagian dari sistem saraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang.
SLBSekolah Luar Biasa atau sekolah khusus yang didirikan khusus untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
SLB/ ESekolah Luar Biasa yang melayani pendidikan bagi anak-anak dengan gangguan emosi dan perilaku atau tunalaras.
SLB/ASekolah Luar Biasa yang melayani pendidikan bagi anak-anak dengan gangguan penglihatan atau tunanetra.
SLB/BSekolah Luar Biasa yang melayani pendidikan bagi anak-anak dengan gangguan pendengaran atau tunarungu.
SLB/CSekolah Luar Biasa yang melayani pendidikan bagi anak-anak dengan hambatan intelegensi atau tunagrahita.
SLB/DSekolah Luar Biasa yang melayani pendidikan bagi anak-anak dengan gangguan sensomotorik atau tunadaksa.
Sleepterror disordersSelalu mimpi buruk saat waktu tidur.
Sleepwalking disordersKebiasaan bangun secara tidak sadar pada waktu tidur.
Snelen Chartsebuah kartu untuk mengukur visus/ ketajaman penglihatan seseorang.
Social ImmatureKetidakmatangan sosial artinya kurang memiliki ketrampilan sosial yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat.
Somatoform DisordersGejala fisik yang menunjukkan adanya gangguan fisik karena kekurangan sesuatu.
Spastikjenis cerebral palsy yang disertai kejang otot, dimana kerja sama otot tidak harmonis, yang seharusnya otot memanjang tiba-tiba memendek. Akibatnya, persendian tidak tidak dapat digerakkan terutama ketika merasa tegang.
Spina bifidamerupakan jenis kelainan pada tulang belakang yang ditandai dengan terbukanya satu atau 3 ruas tulang belakang dan tidak tertutupnya kembali selama proses perkembangan. Akibatnya, fungsi jaringan saraf terganggu dan dapat mengakibatkan kelumpuhan atau hydrocephalus (pembesaran pada kepala karena produksi cairan yang berlebihan).
Stereotypic tingkah laku yang bersifat monoton.
Stilussebuah jarum atau paku modifikasi yang ditancapkan dengan pola tertentu pada reglet untuk membuat tulisan braile bagi penyandang tunanetra. Ujung jarum stilus sedikit tumpul sedangkan di ujung atas jarum terdapat kayu atau plastik berbentuk bulat untuk pegangan ibu jari dan jari tengah saat membuat tulisan braile. Karena fungsinya, stilus disebut juga pen.
Stimulus visualrangsangan visual.
Strabismuskondisi dimana kedua mata tidak tertuju pada satu objek yang menjadi pusat perhatian. Satu mata bisa terfokus pada 1 objek sedangkan mata yang lain dapat bergulir ke dalam, luar, atau bawah.
Strauss SyndromeKesulitan belajar yang dialami oleh orang berintelegensi normal yang disebabkan oleh kerusakan otak.
StutteringGagap dalam bicara.
Sublubrikasikelainan pada tulang belakang pada bagian leher yang menyebabkan kepala penderita gangguan tersebut berubah arah ke kiri atau ke kanan.
Substance use disordersGangguan menyangkut penyalahgunaan zat-zat tertentu seperti pemabuk, pengguna narkotika.
Takut suatu reaksi perlindungan bagi seseorang.
TalentKawasan bidang bakat khusus.
Talking bookperangkat yang memungkinkan pembaca tidak hanya bisa menikmati suara audio yang dibacakan dari buku, namun juga memungkinkan pengguna untuk melewati beberapa teks untuk mencari topik atau pencarian kata tertentu.
Task CommitmentKeterikatan pada tugas.
Tes WISCWechsler Intelligence Scale for Children merupakan alat tes untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak usia usia 6 sampai 16 tahun yang diciptakan oleh Wechler (1949). Tes WISC direvisi pada tahun 1974 menjadi WISC-R (R = Revised). WISC-R terdiri dari 12 sub tes yang dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu skala verbal dan skala performan.
The far senses indra yang dimiliki oleh manusia, antara lain, mendengar, melihat, merasakan, mencium, dan menyentuh.
The proprioceptive sense indra yang memproses informasi berkaitan dengan posisi tubuh dan bagian-bagian tubuh yang diterima melalui otot-otot, ikatan tulang sendi, dan tulang sendi.
The tactile sense atau indra perabaindra yang memproses informasi tentang sentuhan yang diterima melalui kulit
The vestibular sense atau indra ruang depanindra yang melakukan proses informasi tentang gerak, gravitasi, dan keseimbangan yang diterima melalui telingan bagian dalam
Thinking Creative in Action and MovementTes yang digunakan untuk identifikasi anak berbakat penyandang tunalaras dan berbakat penyandang tunarungu
Three ring InteractionIntelegensi di atas rata-rata, kreativitas, dan pengikatan terhadap tugas.
Thypus abdominolispenyakit infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhosa,
Tipe bulbairyaitu tipe poliomyelitis dengan ciri adanya kelumpuhan fungsi motorik pada satu atau lebih saraf tepi dengan ditandai adanya gangguan pernapasan.
Tipe bulbispinalis yaitu poliomyelitis yang menunjukkan kondisi gabungan antara tipe spinal dan bulbair.
Tipe encephalitismerupakan jenis poliomyelitis yang biasanya disertai dengan demam, kesadaran menurun, tremor, dan kadang-kadang kejang.
Tipe spinal tipe poliomyelitis dengan ciri adanya kelumpuhan pada otot-otot leher, sekat dada, tangan dan kaki.
Toiletrykegiatan yang dilakukan di kamar mandi atau toilet seperti, mandi, buang air kecil, dan buang air besar.
Toksoplasmaparasit mikroskopis yang dapat menginfeksi berbagai macam burung dan mamalia, termasuk manusia. Infeksi terjadi ketika ada kontak dengan telur parasit toksoplasma melalui daging yang tidak matang atau sayuran mentah.
Toksoplasmosisinfeksi yang disebabkan oleh bakteri parasit toksoplasma yang dapat menyebabkan penyakit serius atau kematian pada janin.
TORCHsingkatan dari Tokso, Rubella, Citomegalovirus, Herpes
Torrance test of creative thinkingTes berpikir kreatif yang diberikan untuk anak berumur 5 tahun ke atas, dapat dilakukan secara kelompok, dan memerlukan waktu 30 menit.
Tourette SyndromeKebiasaan suaa secara tidak sadar, berulang-ulang dan sering kasar.
Trachomapenyakit mata yang diakibatkan infeksi bakteri chlamydia Trachomatis. Penyakit ini dapat menular dari kontak fisik dengan benda yang terkena cairan dari mata seseorang yang terinfeksi.
Transientic DisordersKebiasaan gerakan menyimpang karena gerak kasar yang tidak terkendali, berulang-ulang, tidak secara sadar, dan tanpa tujuan.
Tremorjenis cerebral palsy yang ditandai dengan gerakan-gerakan yang tidak berirama dan tidak terkontrol.
Triplegiakondisi cerebral palsy yang tiga anggota gerak mengalami kelumpuhan, misalnya tangan kanan dan kedua kakinya lumpuh, atau tangan kiri dan kedua kakinya lumpuh.
Tuna Laraskeadaan secara kronis, dan mencolok berinteraksi dengan lingkungannya dengan cara yang secara sosial tidak dapat diterima atau secara pribadi tidak menyenangkan, tetapi masih dapat diajar untuk bersikap yang secara sosial dapat diterima dan secara pribadi menyeenangkan.
Tunanetrasuatu kondisi dimana penglihatan seseorang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dapat berupa kebutaan menyeluruh atau sebagian yang disebabkan oleh karena kerusakan pada mata, syaraf optik, dan atau bagian otak yang mengolah stimulus visual.
Tunarungu Keadan kehilangan pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap berbagai rangsangan, terutama melalui indera pendengarannya.
Tusing sistem tulisan singkat braille (tulisan singkat). Tusing dirasakan mendesak kebutuhannya bagi para tunanetra mengingat ukuran karakter braille yang besar (sekitar 4 kali 6 milimeter dgn ketebalan 0,4 milimeter). Tusing diharapkan menghemat kertas yang berdampak pada pengurangan ketebalan dan beratnya buku serta menekan ongkos produksi dan biaya kirim bahan bacaan braille. Tusing sangat meningkatkan kecepatan membaca dan menulis para tunanetra. Tusing mulai dikembgkn thn 1960-an dan diresmikan Depdikbud pada tahun 1972. Tusing merupakan sistem ejaan braille dalam Bahasa Indonesia yang terdiri dari tanda-tanda tusing berupa 1 petak braille atau lebih.
Underachievement GiftedKelompok anak-anak berbakat berprestasi kurang.
Underachieverorang yang memiliki prestasi di bawah potensi sesungguhnya karena suatu hal.
UnderachieverPrestasi belajar tidak sepadan dengan keunggulannya.
Verbalismeungkapan verbal atau ekspresi verbal untuk menyebut sesuatu atau pengungkapan lewat kata-kata untuk mengungkapkan gagasan dan menyatakan pengertian. Verbalisme juga dipergunakan untuk menyebut tulisan atau uraian yang banyak namun sama sekali tak menyentuh topik yang sedang dibicarakan (omong kosong).
VestibulaIndra ujung saraf memberi kita informasi tentang bagaimana kita bergerak dan posisi anggota-anggota tubuh kita terkait dengan tubuh kita sendiri. Indra vestibula memberitahu kita apakah kita berdiri tegak, horizontal, bergerak, atau terjatuh, dengan menerima rangsangan dari daya gravitasi melalui penerima yang terletak di bagian dalam telinga.
Visual impairmentistilah lain dari ketunanetraan. Sebuah istilah yang mencakup seluruh hambatan penglihatan.
Visus sentralisVisus sentralis dibagi dua, yaitu sentralis jauh dan sentralis dekat. Visus sentralis jauh merupakan ketajaman penglihatan untuk melihat benda yang letaknya jauh. Sedangkan visus dekat merupakan ketajaman penglihatan untuk melihat benda yang dekat, misalnya membaca, menulis, dan lain-lain.
Visus verifierVisus verifier menggambarkan luasnya medan penglihatan dan diperiksa dengan perimeter. Fungsi dari visus verifier adalah untuk mengenal tempat suatu benda terhadap sekitarnya dan pertahanan tubuh dengan reaksi menghindar jika ada bahaya di sampingnya
Visussebuah ukuran kuantitatif suatu kemampuan untuk mengidentifikasi simbol-simbol berwarna hitam dengan latar belakang putih dengan jarak yang telah distandardisasi serta ukuran dari simbol yang bervariasi. Ini adalah pengukuran fungsi penglihatan yang tersering digunakan dalam klinik.
Weshtoffseorang pendiri lembaga pendidikan untuk tunanetra di Bandung.
A.P.Ealat permainan edukatif untuk merangsang perkembangan anak. Dengan alat permainan edukatif anak diharapkan mampu menggunakan anggota tubuh, berpikir, berkonsentrasi dan berkimunikasi, alat permainan ini dilakukan bersama orang tua an anak.
Aberasi KromosomMutasi tingkat kromosom; disebut pula sebagai mutasi kromosom.
AbiogenesisSuatu teori yang menerangkan bahwa mahkluk hidup terbentuk secara tiba-tiba dari benda-benda tak hidup; teori ini dikemukakan oleh Aristoteles.
Absesterkumpulnya nanah dalam rongga yang tadinya tidak ada. Abses disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi lainnya.
Absorbsi Proses penyerapan yang terjadi dalam usus
Adaptasi Koevolusi Penyesuaian dengan melakukan perubahan strutur organ pada dua spesies berbeda agar memudahkan dalam bekerja sama.
AferenSaraf sensori yang membawa rangsangan menuju sistem saraf pusat.
AglutininSubstansi yang menyebabkan penggumpalan.
AksonJuluran sitoplasma yang berfungsi membawa rangsangan menjauh dari badan sel saraf.
AlelPasangan gen yang berada pada lokus yang sama dan pada kromosom yang homolog.
Alergikepekaan seseorang terhadap suatu bahan tertentu seperti debu, dingin, buku binatang, serbuk, dan lain sebagainya. Reaksi alergis yang sering timbul, antara lain gatal-gatal, bersin, sesak nafas dan gejala lainnya.
Alveolisaluran air susu dalam payudara bermula dari jaringan penghasil susu yang disebut alveolis.
AmfiartrosisHubungan sendi yang masih memungkinkan terjadinya sedikit gerakan.
Amionasil-RNA-t SintetaseEnzim spesifik yang membantu tiap asam amino mengikatkan diri.
AmitosisPembelahan sel secara langsung tanpa melalui tahapan.
AmnionBagian terdalam membran embrio yang merupakan derivat blastula.
AnabolismeReaksi-reaksi penyusunan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup; dari zat atau senyawa yang sederhana disusun menjadi senyawa yang lebih kompleks.
AnalogBagian tubuh yang mempubyai bentuk dasar berbeda tetapi berkembang dan merujuk pada fungsi yang sama.
Anemiasuatu keadaan di mana jumlah butir darah merah (eritrosit) atau kadar hemogoblin (Hb) di dalam darah seseorang kurang dari normal.
AneuploidIndividu yang mempunyai jumlah kromosom yang lebih atau kurang dari gukromosom yang normal.
AntagonisKerja otot yang berlawanan terhadap otot lain.
AntibodiProtein imunoglobulin yang diproduksi oleh sel-sel plasma dan dihasilkan dari pembongkaran antigen.
AntibodiProtein yang terbentuk oleh tubuh sebagai pelawan terhadap antigen. Setiap antigen tertentu akan dilawan oleh antibodi tertentu pula.
AntigenSemua benda asing yang masuk ke dalam tubuh, khususnya protein asing.
AntigenBeberapa substansi yang menyebabkan yang menyebabkan tanggapan kekebalan.
AntikodonUrutan 3 basa yang merupakan komplemen dari kodon. Antikodon terdapat pada RNA-t, sedangkan kodon terdapat pada RNA-d.
AortaArteri besar pada manusia yang membawa darah bersih dari jantung ke sistem arteri.
Apgar Testpemeriksaan menit-menit pertama setelah bayi lahir, yang meliputi pemeriksaan frekuensi detak jantung, usaha pernafasan, ketegangan (tonus otot), refleks terhadap rangsangan dan pemeriksaan warna kulit.
ApoenzimGugusan dari protein pada enzim, bukan gugusan yang aktif.
Areoladaerah puting susu yang berwarna coklat atau merah muda.
AreteriPembuluh darah yang membawa darah bersih ke seluruh jaringan tubuh.
ArtikulasiHubungan antartulang atau antarsegmen.
Asam AminoBagian struktural penyusun protein.
Asam LemakBagian struktural penyusun lemak.
AutosomSemua pasangan kromosom selain kromosom kelamin.
AutotrofMakhluk hidup yang mampu menyusun bahan organik dari bahan anorganik.
AvitaminosisKekurangan salah satu atau beberapa jenis vitamin.
Bastar Konstan Individu baru, yaitu individu homozigot yang memilki genotipe dan fenotipe berbeda dari kedua induknya; jika disilangkan sesamanya tidak memisah.
Batuk rejansejenis penyakit batuk yang keras dan menular, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada paru-paru n cabang tenggorok.
Bayi kuningsuatu keadaan di mana tubuh bayi berwarna kuning-kuningan, yang disebabkan belum berfungsinya hati untuk mengolah bilirubin yang dihasilkan darah. Bayi kuning lebih sering ditemui pada bayi yang lahir prematur.
Bayi prematurbayi yang dilahirkan sebelum kehamilan mencapai 9 bulan. biasanya bayi prematur mempunyai berat badan lahir rendah sehingga perlu dirawat dalam inkubator.
Bilirubinsisa-sisa penghacuran sel yang mengandung zat warna kuning yang harus dibuang ke luar tubuh. Bila zat ini terdapat berlebihan dalam darah, ia akan masuk ke sel-sel jaringan tubuh dan akan meracuni sel tadi.
Bintik ButaDaerah pada retina yang merupakan tempat masuknya saraf optik; di sini tidak terdapat sel batang dan sel kerucut.
Bintik Kuning Saluran sempit pada pusat retina yang merupakan titik terbesar kaetajaman penglihatan.
BiogenesisSuatu teori yang menjelaskan bahwa mahkluk hidup berasal dari mahkluk hidup yang ada sebelumnya; mahkluk hidup berasal dari telur dan telur berasal dari mkhluk hidup.
Biokatalisator (enzim) Zat pemercapat reaksi yang terdapat di dalam tubuh mahkluk hidup, sedangkan zat itu sendiri tidak ikut bereaksi.
BioteknologiPemanfaatan makhluk hidup dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah, untuk mengubah bahan menjadi, produk dan jasa.
Box bayitempat tidur bayi yang dapat dipindah -pindahkan, terbuat ri kayu, rotan, besi dan bahan lainnya. Dapat dipergunakan untuk bermain dan belajar berdiri dengan cara berpegangan pada kedua sisi box.
Bronchitisradang cabang tenggorok yang disebabkan oleh suatu infeksi di hidung bagian atas dan kerongkongan.
Campakpenyakit yang disebabkan oleh sejenis virus, yang sifatnya menular dan mendadak. Penularan bisa melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui butir-butir ludah yang keluar karena batuk.
Colostrumair susu pertama berwarna kuning yang dihasilkan payudara ibu. Colostrum kaya akan protein yang berfungsi melindungi bayi terhadap infeksi.
Cotton Budskapas bertangkai yang biasanya digunakan untuk perawatan bayi. Bisa dipakai untuk membersihkan telinga, hidun, alat kelamin, dan juga untuk merawat tali pusar.
Cradle Caplapisan tebal seperti kerak yang menempel pada kulit kepala. Untuk membersihkannya, olesi bagian yang berkerak dengan minyak, lalu biarkan semalam. Keesokan harinya cucilah kepala bayo dengan shamppo. Ulangi cara ini dua atau tiga kali sampai kerak pada kulit tanggal sendiri.
Dehidrasisuatu keadaan di mana tubuh mengalami kehilangan cairan yang lebih besar daripada jumlah cairan yang diperolehnya. Bila tidak segera ditangani, keadaan ini dapat mengakibatkan kematian.
DelesiPengurangan satu atau beberapa bisa pada DNA; hilangnya suatu segmen kromosom.
Demammeningkatnya suhu tubuh lebih daripada normal, yang disebabkan oleh masuknya kuman, virus, ataupun reaksu alergis terhadap sesuatu. Bila disertai mual, muntah terus-menerus dan sakit perut berarti ada gejala penyakit tertentu terutama penyakit infeksi.
DendritJuluran sitoplasma pada sel saraf yang dapat menerima rangsangan dari sel saraf lain.
DiafragmaLembaran otot dan tendon yang memisahkan ronga dada dan rongga perut.
DiagnosePengenalan keadaan penyakit/ putusan sebagai penentu langkah lebih lanjut.
Diare Buang air yang terus menerus. Tinja yang keluar ditandai dengan bau yang bususk, encer seperti air dan mengandung zat-zat elektroit seperti natrium, chlor, bikarbonat, dan lain sebagainya, yang sangat dibutuhkan tubuh . Bila tidak segera diobati, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi.
DiartrosisHubungan tulang yang dapat digerakkan.
DiphteriSuatu penyakit yang mudah berjangkit disebabkan oleh sejenis kuman, yang kadang-kadang terdapat di kerongkongan penderita yang kelihatannya normal. Timbul selaput semu berwarna putih keabu-abuan pada tenggorokan yang dapat menutup jalan napas.
DistalBagian belakang atau akhir dari suatu struktur.
DomestikasiPembudidayaan mahkluk hidup, yaitu usaha manusia untuk menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budidaya dari tumbuhan liar.
DominanSifat/ fenotipe yang muncul pada FI; sifat menang terhadap sifat yang resesif.
Double HelixBentuk benang DNA yang terdiri dari dua benang polinukleotida yang saling berpilin; diterjemahkan menjadi ganda berpilin.
EfektorBeberapa organ atau sel-sel yang bereaksi terhadap rangsangan.
Eferen Saraf motor yang membawa rangsangan keluar dari sistem saraf pusat.
EksimGangguan kulit yang seringkali timbul ketika bayi berusia 2 atau 3 bulan. Timbul bintik kemerahan pada pipi atau dahi yang terasa gatal. Bintik kemerahan ini bisa berkembang dengan cepat ke seluruh tubuh. Biasanya eksim akan hilang sendiri setelah bayi berusia tiga tahun.
EksokrinKelenjar yang menghasilkan getah; sekret disalurkan melalui suatu saluran.
EksonSegmen RNA-d yang diekspresikan.
EksoskeletonStruktur penyokong yang keras yang disekresikan oleh epidermis luar.
Eksplanbagian tumbuhan yang akan dikultur atau dibiakkan secara vegetatif atau diklona.
Embriologiilmu yang memepelajari tentang perkembangan embrio.
EndokrinKelenjar yang mengahsilkan getah; sekret tidak disalurkan melalui suatu saluran, tetapi langsung berbaur ke dalam pembuluh darah.
EndometriumEpitelium pipih yang melapisi dinding rahim.
EndosimbiosisSimbiosis antara dua organisme yang salah satu menjadi inang dan yang lain masuk ke dalam tubuh inang.
EukariotikOrganisme atau sel yang memepubyai membran inti.
Evolusi biokimiaSuatu teori yang menjelaskan perubahan-perubahan secara perlahan tentang terbentuknya bahan-bahan organik dari bahan-bahan anorganik dalam waktu lama.
Evolusi Biologi Proses perubahan secara bertahap {sedikit demi sedikit) dan perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama sekali dari organisme yang rendah tingkatannya menuju ke organisme yang lebih tinggi tingkatannya.
Evolusi DivergenEvolusi dari satu spesies menjadi banyak spesies.
Evolusi KonvergenEvolusi organ dari individu berkerabat jauh menuju kesamaan fungsi.
EvolusiSuatu teori yang menjelaskan proses perubahan yang terjadi secara perlahan-lahan dalam kurun waktu jutaan dan bahkan milyaran tahun.
Fenotipe Penampakan sifat sebagai hasil interaksi antara genotipe dengan lingkungannya.
Filogeniperkembangan organisme dari filum tingkat rendah menuju filum tingkat tinggi secara evolusi.
FimosisSuatu keadaan di mana kulit penis (preputium) melekat pada glans (bagian kepala) penis, sehingga menutup lubang air seni dan membuat penderita mengalami kesulitan ketika buang air kecil.
FolikelSekelompok sel-sel berbentuk seperti bulatan yang menyelubungi oosit dan berfungsi memberi makan ovum.
Foramen Magnum Lubang di tengkorak belakang yang dilewati simpul saraf.
Foramen OvaleSaluran di antara atrium pada janung janin.
FosilTubuh, bagian tubuh, jejak, atau sisa-sisa makhluk hidup yang telah berusia ribuan bahkan jutaan tahun. Fosil dapat berupa batu, dapat pula berupa tubuh yang terawetkan secara alami.
FundusBagian lambung yang membulat dan terletak di tengah.
Fusi SelPenyatuan atau peleburan sel dari spesies yang berbeda agar dihasilkan hibridoma
FusigenBahan atau zat yang dapat mempercepat terjadinya fungsi sel.
Generatio Spontanea Cara terbentuknya makhluk hidup yang terjadi secara spontan atau begitu saja menurut paham abiogenesis.
Genetic DriftTurun naiknya frekuensi gen secara acak disuatu tempat.
Genom KromosomKeseluruhan kromosom pada inti sel.
GenotipeSifat yang ditentukan oleh gen; disebut pula sifat bawaan, bakat.
Gerak PeristaltikKontraksi berturut-turut dari dinding otot usus.
GliserolHasil pemecahan dari lemak berserat yang membentuk substrat untuk glikolisis.
Gugus ProstetikGugusan bukan protein pada ensim, merupakan gugusan yang aktif.
Hernia Penonjolan isi perut melalui satu lubang atau celah dinding perut.
HeterotrofMahkluk hidup yang tidak dapat menyusun zat organik untuk kehidupannya; zat organik diperoleh dari lingkungannya.
HeterozigotGenotipe yang tersusun dari gen dan alel yang tidak sama, satu dominan dan yang lain resesif.
HibernasiMahkluk hidup yang “istirahat total” dengan menurunkan metabolisme tubuhnya selama musim dingin untuk menghemat energi.
HibridomaHasil fusi sel yang berasal dari spesies organisme yang berbeda.
Hidrolisis Pemecahan suatu senyawa dengan menambahkan ion hidrogen dan hidroksil.
HirschprungKelainan pada usus besar. Sebagian usus besar lumpuh sehingga tidak dapat berkontraksi sebagaimana mestinya dan mengakibatkan penderita tidak dapat buang air besar.
HominidNenek langsung manusia.
Homolog Bagian tubuh yang struktur dasar dan asal filogenetiknya sama walaupun fungsinya dapat berlainan.
ImpetigoInfeksi pada kulit yang dapat menimbulkan luka lepuh dan terbuka. Infeksi ini sangat menular dan banyak dijumpai di sekitar mulut dan muka bayi.
Implantasi Penanaman ovum yang difertilisasi pada dinding uterus.
InfeksiSuatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman lainnya. Infeksi dapat mengenai suatu bagian tubuh atau seluruh tubuh.
Inversi KromosomPembalikan segmen kromosom.
K.M.SKartu menuju sehat. Alat untuk mengetahui kecukupan gizi balita, imunisasi maupun penyakit yang diderita anak.
Kapasitas VitalJumlah udara komplementer, tidal, dan suplementer.
KardiakBagian depan lambung yang dekat hati.
KariogamiPeristiwa meleburnya dua inti di dalam sel.
KatabolismeReaksi peguaraian yang berlangsung di dalam tubuh, dari molekul/ senyawa yang kompleks, menjadi molekul/ senyawa yang lebih sederhana.
Kejang Gerakan yang tidak biasa dan timbul secara tiba-tiba. Kejang pada bayi baru lahir umumnya disebabkan oleh gangguan pada saraf pusat lokal atau gangguan metabolisme tertentu dalam tubuh.
KimMakanan yang telah dicerna sebagian yang berupa bubur kental dari lambung.
KineraHasil penyambungan antar DNA dari sumber yang berbeda, disebut sebagai DNA rekombinan.
Kodon3 urutan basa pada RNA-d yang memilki arti khusu.
KolestrolLemak netral, dijumpai pada membran sel organisme eukariotik.
KolikSuatu keadaan di mana bayi normal menangis terus-menerus pada jam-jam tertentu. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun demikian, keadaan ini erat hubungannya dengan masuknya udara sewaktu bayi minum, yang mengakibatkan rasa nyeri di perut dan di usus besar.
Kolon AskendenKolon naik.
Kolon DeskendenKolon turun.
KolostrumCairan bening yang disekresikan dari kelenjar air susu ibu di akhir kehamilan dan komposisinya berbeda dengan air susu yang disekresikan setelahnya.
Kontraksi Memendek/ mengerutnya otot.
KontraksiPemendekan dan penegangan otot akibat adanya rangsangan.
Korda tendinaeTendon yang menghubungkan otot kapiler dengan katup jantung.
KromatinBenang-benag halus pada nukleus yang dapat menyerap zat warna pada pewarnaan sel.
Kromosom HomologPasangan kromosom yang memilki gen penentu sifat yang sama pada lokus yang bersesuaian; pasangan kromosom yang identik.
Kromosom KelaminKromosom yang menentukan jenis kelamin makhluk hidup. Pada manusia, terdiri dari kromosom XX pada wanita dan XY pada pria.
KromosomBenang-benang pembawa sifat, karena di dalamnya mengandung gen. Kromosom tersusun atas benang-benang kromatin.
Kultur JaringanProses menumbuhkan jaringan atau sel-sel di dalam medium khusus dalam kondisi suci hama.
LaringOrgan yang menghasilkan suara.
LemakZat makanan yang merupakan sumber energi. Zat makanan yang mengandung lemak memerlukan waktu lama untuk dicerna, karena itu memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.
LendirCairan kental dan licin yang membasahi dan melindungi selaput lendir hidung, tenggorokan, lambung, usus, dan vagina
Lengkung Henle Lengkungan pada tubulus ginjal yang melewati korteks ke medula dan kembali ke korteks.
LigamenPembalut kuat yang terbentuk dari jaringan ikat, atau pembalut elastik yang membentuk sendi.
MesenkimaJaringan yang merupakan lapisan tengah embrio, berasal dari mesoderma.
MielinMembran berlemak yang dibentuk oleh sel schwann.
MiofibrilSerat-serat halus yang terdapat pada otot.
NebulaAtau kabut asal, yaitu gas-gas hasil ledakan bintang-bintang yang tidak stabil diangkasa pada milyaran tahun yang lalu yang kemudian memadat dan meledak lagi; hasil ledakan ini menjadi bintang baru serta planet-planet, termasuk bumi.
Nodus LimfaBulatan kecil yang terdapat di sepanjang jalur limfa. Tempat menangkap antigen yang masuk.
OntogeniPerkembangan embrio dari zigot menuju dewasa.
Organel Struktur yang terdapat dalam sitoplasma sel yang mempunyai fungsi khusus.
OrganosenseorisAlat menerima rangsang dari luar untuk dihantarkan ke pusat saraf.
OsteoblasSel pembentuk tulang yang mensekresikan matriks tulang.
OstiumLubang pada jantung Arthropoda, tempat darah masuk ke ruang perikardium.
OvulasiPelepasan sel telur (ovum) yang masak dari ovarium.
Paleontologi Ilmu yang mempelajari tentang fosil {Paleos = tua).
PerikondriumSarung pembungkus tulang rawan.
Pilorus Bagian lambung yang paling bawah dan berdekatan dengan duodenum.
PlasentaBagian yang tersusun atas lapisan ganda seperti spons dan penuh jaringan veskuler yang terbentuk dari jaringan ibu dan janin.
Polarisasi Terjadinya perbedaan potensial elektrik yang melewati membran sel saraf.
ProksimalBagian depan atau awal dari suatu struktur.
Rawan hialinKartilago halus yang tampak mengkilat dan tidak memiliki serat pembuluh darah dan ligamen.
ReseptorSel-sel yang sensitif terhadap rangsangan.
SarkolemaMembran sel otot.
SekresiProses pengeluaran oleh sel dan kelenjar; sekret yang dikeluarkan masih dapat dipergunakan oleh tubuh.
Sel SchwannSel glia yang membentuk selubung lemak yang menyelubungi serabut saraf.
SemenCairan yang disekresikan dari testis dan kelenjar-kelenjar kelamin lainnya dan mengandung sperma.
SfinkterOtot yang mengatur masuknya makanan dari esofagus ke lambung.
SinergisKerja otot yang seirama terhadap otot lain.
SitosomaMulut sel.
SpesialisasiProses perubahan bentuk dan fungsi sel.
SyncytiumPercabangan pada otot jantung.
Tali PusarTali jaringan yang menghubungkan embrio dan plasenta.
Tonus Keadaan tegang yang terus menerus pada otot.
Trofoblas Lapisan terluar sel penyusun morula.
Vaksin Preparasi mikroorganisme atau komponen antigen yang dapat merangsang kekebalan melawan bakteri atau virus.
Valvula BikupidalKatup antara aurikula kiri dan ventrikel kiri.
VektorPembawa
VenaPembuluh darah besar yang membawa darah kotor ke jantung.
ViabilitasKelangsungan hidup.