Guru Pendamping Khusus

Guru Pendamping Khusus atau GPK adalah guru yang bertugas sebagai konsultan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di lingkungan lembaga pendidikan inklusif. GPK menjadi penghubung antara orang tua dengan guru kelas baik dalam pembuatan rancangan, pelaksanaan, maupun evaluasi dari program layanan pendidikan. Adapun tugas-tugas GPK sebagai berikut:

  1. Bertanggung jawab sebagai konsultan pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah.
  2. Melakukan assesmen atau pengumpulan data mengenai informasi kemampuan, kelebihan, kekurangan, dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus yang akan digunakan sebagai bahan rumusan PPI (Program Pembelajaran Individual) dan RPI (Rencana Pembelajaran Individual) bersama dengan guru kelas, guru BK, dan pihak lain yang dibutuhkan.
  3. Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan atau guru kelas untuk menyusun atau merumuskan PPI (Program Pembelajaran Individual) dan RPI (Rencana Pembelajaran Individual).
  4. Melakukan modifikasi komponen pembelajaran yang diperlukan.
  5. Menyusun kebutuhan sarana dan prasarana praktik pembelajaran inklusi yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
  6. Melakukan evaluasi PPI dan RPI yang telah dilaksanakan dan melakukan tindak lanjut bersama guru mata pelajaran dan atau guru kelas berdasarkan hasil belajar yang telah dicapai.
  7. Melakukan monitoring mingguan pelaksanaan pembelajaran di lembaga pendidikan inklusi.
  8. Melakukan sosialisasi pengetahuan dan sikap ramah terhadap anak berkebutuhan khusus kepada calon teman sekelas sebelum anak berkebutuhan khusus mengikuti program pendidikan.

Untuk melakukan tugas-tugas tersebut, maka personil GPK yang tergabung dalam PInPLB memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

  1. Mengenal karakteristik anak berkebutuhan khusus yang didampingi.
  2. Menguasai asesmen pembelajaran ABK dan dasar-dasar pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
  3. Sabar, menyukai anak-anak, berkompeten dalam bidang mendidik anak-anak, tanggung jawab, jujur, dapat dipercaya.
  4. Mau bekerja dalam tim, dan bersifat terbuka terhadap saran yang diperoleh.