Istilah Umum

Istilah yang sering ditemui dalam dunia pendidikan luar biasa di luar kondisi dan hambatan yang dialami anak berkebutuhan khusus. Istilah istilah tersebut ditampilkan pada tabel di bawah ini:


 

Istilah Umum
ArtiIstilah
A.P.Ealat permainan edukatif untuk merangsang perkembangan anak. Dengan alat permainan edukatif anak diharapkan mampu menggunakan anggota tubuh, berpikir, berkonsentrasi dan berkimunikasi, alat permainan ini dilakukan bersama orang tua an anak.
Aberasi KromosomMutasi tingkat kromosom; disebut pula sebagai mutasi kromosom.
AbiogenesisSuatu teori yang menerangkan bahwa mahkluk hidup terbentuk secara tiba-tiba dari benda-benda tak hidup; teori ini dikemukakan oleh Aristoteles.
Absesterkumpulnya nanah dalam rongga yang tadinya tidak ada. Abses disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi lainnya.
Absorbsi Proses penyerapan yang terjadi dalam usus
Adaptasi Koevolusi Penyesuaian dengan melakukan perubahan strutur organ pada dua spesies berbeda agar memudahkan dalam bekerja sama.
AferenSaraf sensori yang membawa rangsangan menuju sistem saraf pusat.
AglutininSubstansi yang menyebabkan penggumpalan.
AksonJuluran sitoplasma yang berfungsi membawa rangsangan menjauh dari badan sel saraf.
AlelPasangan gen yang berada pada lokus yang sama dan pada kromosom yang homolog.
Alergikepekaan seseorang terhadap suatu bahan tertentu seperti debu, dingin, buku binatang, serbuk, dan lain sebagainya. Reaksi alergis yang sering timbul, antara lain gatal-gatal, bersin, sesak nafas dan gejala lainnya.
Alveolisaluran air susu dalam payudara bermula dari jaringan penghasil susu yang disebut alveolis.
AmfiartrosisHubungan sendi yang masih memungkinkan terjadinya sedikit gerakan.
Amionasil-RNA-t SintetaseEnzim spesifik yang membantu tiap asam amino mengikatkan diri.
AmitosisPembelahan sel secara langsung tanpa melalui tahapan.
AmnionBagian terdalam membran embrio yang merupakan derivat blastula.
AnabolismeReaksi-reaksi penyusunan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup; dari zat atau senyawa yang sederhana disusun menjadi senyawa yang lebih kompleks.
AnalogBagian tubuh yang mempubyai bentuk dasar berbeda tetapi berkembang dan merujuk pada fungsi yang sama.
Anemiasuatu keadaan di mana jumlah butir darah merah (eritrosit) atau kadar hemogoblin (Hb) di dalam darah seseorang kurang dari normal.
AneuploidIndividu yang mempunyai jumlah kromosom yang lebih atau kurang dari gukromosom yang normal.
AntagonisKerja otot yang berlawanan terhadap otot lain.
Antibodi Protein imunoglobulin yang diproduksi oleh sel-sel plasma dan dihasilkan dari pembongkaran antigen.
AntibodiProtein yang terbentuk oleh tubuh sebagai pelawan terhadap antigen. Setiap antigen tertentu akan dilawan oleh antibodi tertentu pula.
AntigenSemua benda asing yang masuk ke dalam tubuh, khususnya protein asing.
AntigenBeberapa substansi yang menyebabkan yang menyebabkan tanggapan kekebalan.
AntikodonUrutan 3 basa yang merupakan komplemen dari kodon. Antikodon terdapat pada RNA-t, sedangkan kodon terdapat pada RNA-d.
AortaArteri besar pada manusia yang membawa darah bersih dari jantung ke sistem arteri.
Apgar Testpemeriksaan menit-menit pertama setelah bayi lahir, yang meliputi pemeriksaan frekuensi detak jantung, usaha pernafasan, ketegangan (tonus otot), refleks terhadap rangsangan dan pemeriksaan warna kulit.
ApoenzimGugusan dari protein pada enzim, bukan gugusan yang aktif.
Areoladaerah puting susu yang berwarna coklat atau merah muda.
AreteriPembuluh darah yang membawa darah bersih ke seluruh jaringan tubuh.
ArtikulasiHubungan antartulang atau antarsegmen.
Asam AminoBagian struktural penyusun protein.
Asam LemakBagian struktural penyusun lemak.
AutosomSemua pasangan kromosom selain kromosom kelamin.
AutotrofMakhluk hidup yang mampu menyusun bahan organik dari bahan anorganik.
AvitaminosisKekurangan salah satu atau beberapa jenis vitamin.
Bastar Konstan Individu baru, yaitu individu homozigot yang memilki genotipe dan fenotipe berbeda dari kedua induknya; jika disilangkan sesamanya tidak memisah.
Batuk rejansejenis penyakit batuk yang keras dan menular, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada paru-paru n cabang tenggorok.
Bayi kuningsuatu keadaan di mana tubuh bayi berwarna kuning-kuningan, yang disebabkan belum berfungsinya hati untuk mengolah bilirubin yang dihasilkan darah. Bayi kuning lebih sering ditemui pada bayi yang lahir prematur.
Bayi prematurbayi yang dilahirkan sebelum kehamilan mencapai 9 bulan. biasanya bayi prematur mempunyai berat badan lahir rendah sehingga perlu dirawat dalam inkubator.
Bilirubinsisa-sisa penghacuran sel yang mengandung zat warna kuning yang harus dibuang ke luar tubuh. Bila zat ini terdapat berlebihan dalam darah, ia akan masuk ke sel-sel jaringan tubuh dan akan meracuni sel tadi.
Bintik ButaDaerah pada retina yang merupakan tempat masuknya saraf optik; di sini tidak terdapat sel batang dan sel kerucut.
Bintik Kuning Saluran sempit pada pusat retina yang merupakan titik terbesar kaetajaman penglihatan.
BiogenesisSuatu teori yang menjelaskan bahwa mahkluk hidup berasal dari mahkluk hidup yang ada sebelumnya; mahkluk hidup berasal dari telur dan telur berasal dari mkhluk hidup.
Biokatalisator (enzim) Zat pemercapat reaksi yang terdapat di dalam tubuh mahkluk hidup, sedangkan zat itu sendiri tidak ikut bereaksi.
BioteknologiPemanfaatan makhluk hidup dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah, untuk mengubah bahan menjadi, produk dan jasa.
Box bayitempat tidur bayi yang dapat dipindah -pindahkan, terbuat ri kayu, rotan, besi dan bahan lainnya. Dapat dipergunakan untuk bermain dan belajar berdiri dengan cara berpegangan pada kedua sisi box.
Bronchitisradang cabang tenggorok yang disebabkan oleh suatu infeksi di hidung bagian atas dan kerongkongan.
Campakpenyakit yang disebabkan oleh sejenis virus, yang sifatnya menular dan mendadak. Penularan bisa melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui butir-butir ludah yang keluar karena batuk.
Colostrumair susu pertama berwarna kuning yang dihasilkan payudara ibu. Colostrum kaya akan protein yang berfungsi melindungi bayi terhadap infeksi.
Cotton Budskapas bertangkai yang biasanya digunakan untuk perawatan bayi. Bisa dipakai untuk membersihkan telinga, hidun, alat kelamin, dan juga untuk merawat tali pusar.
Cradle Caplapisan tebal seperti kerak yang menempel pada kulit kepala. Untuk membersihkannya, olesi bagian yang berkerak dengan minyak, lalu biarkan semalam. Keesokan harinya cucilah kepala bayo dengan shamppo. Ulangi cara ini dua atau tiga kali sampai kerak pada kulit tanggal sendiri.
Dehidrasisuatu keadaan di mana tubuh mengalami kehilangan cairan yang lebih besar daripada jumlah cairan yang diperolehnya. Bila tidak segera ditangani, keadaan ini dapat mengakibatkan kematian.
DelesiPengurangan satu atau beberapa bisa pada DNA; hilangnya suatu segmen kromosom.
Demammeningkatnya suhu tubuh lebih daripada normal, yang disebabkan oleh masuknya kuman, virus, ataupun reaksu alergis terhadap sesuatu. Bila disertai mual, muntah terus-menerus dan sakit perut berarti ada gejala penyakit tertentu terutama penyakit infeksi.
DendritJuluran sitoplasma pada sel saraf yang dapat menerima rangsangan dari sel saraf lain.
DiafragmaLembaran otot dan tendon yang memisahkan ronga dada dan rongga perut.
DiagnosePengenalan keadaan penyakit/ putusan sebagai penentu langkah lebih lanjut.
Diare Buang air yang terus menerus. Tinja yang keluar ditandai dengan bau yang bususk, encer seperti air dan mengandung zat-zat elektroit seperti natrium, chlor, bikarbonat, dan lain sebagainya, yang sangat dibutuhkan tubuh . Bila tidak segera diobati, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi.
DiartrosisHubungan tulang yang dapat digerakkan.
DiphteriSuatu penyakit yang mudah berjangkit disebabkan oleh sejenis kuman, yang kadang-kadang terdapat di kerongkongan penderita yang kelihatannya normal. Timbul selaput semu berwarna putih keabu-abuan pada tenggorokan yang dapat menutup jalan napas.
DistalBagian belakang atau akhir dari suatu struktur.
DomestikasiPembudidayaan mahkluk hidup, yaitu usaha manusia untuk menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budidaya dari tumbuhan liar.
DominanSifat/ fenotipe yang muncul pada FI; sifat menang terhadap sifat yang resesif.
Double HelixBentuk benang DNA yang terdiri dari dua benang polinukleotida yang saling berpilin; diterjemahkan menjadi ganda berpilin.
EfektorBeberapa organ atau sel-sel yang bereaksi terhadap rangsangan.
Eferen Saraf motor yang membawa rangsangan keluar dari sistem saraf pusat.
EksimGangguan kulit yang seringkali timbul ketika bayi berusia 2 atau 3 bulan. Timbul bintik kemerahan pada pipi atau dahi yang terasa gatal. Bintik kemerahan ini bisa berkembang dengan cepat ke seluruh tubuh. Biasanya eksim akan hilang sendiri setelah bayi berusia tiga tahun.
EksokrinKelenjar yang menghasilkan getah; sekret disalurkan melalui suatu saluran.
EksonSegmen RNA-d yang diekspresikan.
EksoskeletonStruktur penyokong yang keras yang disekresikan oleh epidermis luar.
Eksplanbagian tumbuhan yang akan dikultur atau dibiakkan secara vegetatif atau diklona.
Embriologiilmu yang memepelajari tentang perkembangan embrio.
EndokrinKelenjar yang mengahsilkan getah; sekret tidak disalurkan melalui suatu saluran, tetapi langsung berbaur ke dalam pembuluh darah.
EndometriumEpitelium pipih yang melapisi dinding rahim.
EndosimbiosisSimbiosis antara dua organisme yang salah satu menjadi inang dan yang lain masuk ke dalam tubuh inang.
EukariotikOrganisme atau sel yang memepubyai membran inti.
Evolusi biokimiaSuatu teori yang menjelaskan perubahan-perubahan secara perlahan tentang terbentuknya bahan-bahan organik dari bahan-bahan anorganik dalam waktu lama.
Evolusi Biologi Proses perubahan secara bertahap {sedikit demi sedikit) dan perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama sekali dari organisme yang rendah tingkatannya menuju ke organisme yang lebih tinggi tingkatannya.
Evolusi DivergenEvolusi dari satu spesies menjadi banyak spesies.
Evolusi KonvergenEvolusi organ dari individu berkerabat jauh menuju kesamaan fungsi.
EvolusiSuatu teori yang menjelaskan proses perubahan yang terjadi secara perlahan-lahan dalam kurun waktu jutaan dan bahkan milyaran tahun.
Fenotipe Penampakan sifat sebagai hasil interaksi antara genotipe dengan lingkungannya.
Filogeniperkembangan organisme dari filum tingkat rendah menuju filum tingkat tinggi secara evolusi.
FimosisSuatu keadaan di mana kulit penis (preputium) melekat pada glans (bagian kepala) penis, sehingga menutup lubang air seni dan membuat penderita mengalami kesulitan ketika buang air kecil.
FolikelSekelompok sel-sel berbentuk seperti bulatan yang menyelubungi oosit dan berfungsi memberi makan ovum.
Foramen Magnum Lubang di tengkorak belakang yang dilewati simpul saraf.
Foramen OvaleSaluran di antara atrium pada janung janin.
FosilTubuh, bagian tubuh, jejak, atau sisa-sisa makhluk hidup yang telah berusia ribuan bahkan jutaan tahun. Fosil dapat berupa batu, dapat pula berupa tubuh yang terawetkan secara alami.
FundusBagian lambung yang membulat dan terletak di tengah.
Fusi SelPenyatuan atau peleburan sel dari spesies yang berbeda agar dihasilkan hibridoma
FusigenBahan atau zat yang dapat mempercepat terjadinya fungsi sel.
Generatio Spontanea Cara terbentuknya makhluk hidup yang terjadi secara spontan atau begitu saja menurut paham abiogenesis.
Genetic DriftTurun naiknya frekuensi gen secara acak disuatu tempat.
Genom KromosomKeseluruhan kromosom pada inti sel.
GenotipeSifat yang ditentukan oleh gen; disebut pula sifat bawaan, bakat.
Gerak PeristaltikKontraksi berturut-turut dari dinding otot usus.
GliserolHasil pemecahan dari lemak berserat yang membentuk substrat untuk glikolisis.
Gugus ProstetikGugusan bukan protein pada ensim, merupakan gugusan yang aktif.
Hernia Penonjolan isi perut melalui satu lubang atau celah dinding perut.
HeterotrofMahkluk hidup yang tidak dapat menyusun zat organik untuk kehidupannya; zat organik diperoleh dari lingkungannya.
HeterozigotGenotipe yang tersusun dari gen dan alel yang tidak sama, satu dominan dan yang lain resesif.
HibernasiMahkluk hidup yang “istirahat total” dengan menurunkan metabolisme tubuhnya selama musim dingin untuk menghemat energi.
HibridomaHasil fusi sel yang berasal dari spesies organisme yang berbeda.
Hidrolisis Pemecahan suatu senyawa dengan menambahkan ion hidrogen dan hidroksil.
HirschprungKelainan pada usus besar. Sebagian usus besar lumpuh sehingga tidak dapat berkontraksi sebagaimana mestinya dan mengakibatkan penderita tidak dapat buang air besar.
HominidNenek langsung manusia.
Homolog Bagian tubuh yang struktur dasar dan asal filogenetiknya sama walaupun fungsinya dapat berlainan.
ImpetigoInfeksi pada kulit yang dapat menimbulkan luka lepuh dan terbuka. Infeksi ini sangat menular dan banyak dijumpai di sekitar mulut dan muka bayi.
Implantasi Penanaman ovum yang difertilisasi pada dinding uterus.
InfeksiSuatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman lainnya. Infeksi dapat mengenai suatu bagian tubuh atau seluruh tubuh.
Inversi KromosomPembalikan segmen kromosom.
K.M.SKartu menuju sehat. Alat untuk mengetahui kecukupan gizi balita, imunisasi maupun penyakit yang diderita anak.
Kapasitas VitalJumlah udara komplementer, tidal, dan suplementer.
KardiakBagian depan lambung yang dekat hati.
KariogamiPeristiwa meleburnya dua inti di dalam sel.
KatabolismeReaksi peguaraian yang berlangsung di dalam tubuh, dari molekul/ senyawa yang kompleks, menjadi molekul/ senyawa yang lebih sederhana.
Kejang Gerakan yang tidak biasa dan timbul secara tiba-tiba. Kejang pada bayi baru lahir umumnya disebabkan oleh gangguan pada saraf pusat lokal atau gangguan metabolisme tertentu dalam tubuh.
KimMakanan yang telah dicerna sebagian yang berupa bubur kental dari lambung.
KineraHasil penyambungan antar DNA dari sumber yang berbeda, disebut sebagai DNA rekombinan.
Kodon3 urutan basa pada RNA-d yang memilki arti khusu.
KolestrolLemak netral, dijumpai pada membran sel organisme eukariotik.
KolikSuatu keadaan di mana bayi normal menangis terus-menerus pada jam-jam tertentu. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun demikian, keadaan ini erat hubungannya dengan masuknya udara sewaktu bayi minum, yang mengakibatkan rasa nyeri di perut dan di usus besar.
Kolon AskendenKolon naik.
Kolon DeskendenKolon turun.
KolostrumCairan bening yang disekresikan dari kelenjar air susu ibu di akhir kehamilan dan komposisinya berbeda dengan air susu yang disekresikan setelahnya.
Kontraksi Memendek/ mengerutnya otot.
KontraksiPemendekan dan penegangan otot akibat adanya rangsangan.
Korda tendinaeTendon yang menghubungkan otot kapiler dengan katup jantung.
KromatinBenang-benag halus pada nukleus yang dapat menyerap zat warna pada pewarnaan sel.
Kromosom HomologPasangan kromosom yang memilki gen penentu sifat yang sama pada lokus yang bersesuaian; pasangan kromosom yang identik.
Kromosom KelaminKromosom yang menentukan jenis kelamin makhluk hidup. Pada manusia, terdiri dari kromosom XX pada wanita dan XY pada pria.
KromosomBenang-benang pembawa sifat, karena di dalamnya mengandung gen. Kromosom tersusun atas benang-benang kromatin.
Kultur JaringanProses menumbuhkan jaringan atau sel-sel di dalam medium khusus dalam kondisi suci hama.
LaringOrgan yang menghasilkan suara.
LemakZat makanan yang merupakan sumber energi. Zat makanan yang mengandung lemak memerlukan waktu lama untuk dicerna, karena itu memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.
LendirCairan kental dan licin yang membasahi dan melindungi selaput lendir hidung, tenggorokan, lambung, usus, dan vagina
Lengkung Henle Lengkungan pada tubulus ginjal yang melewati korteks ke medula dan kembali ke korteks.
LigamenPembalut kuat yang terbentuk dari jaringan ikat, atau pembalut elastik yang membentuk sendi.
MesenkimaJaringan yang merupakan lapisan tengah embrio, berasal dari mesoderma.
MielinMembran berlemak yang dibentuk oleh sel schwann.
MiofibrilSerat-serat halus yang terdapat pada otot.
NebulaAtau kabut asal, yaitu gas-gas hasil ledakan bintang-bintang yang tidak stabil diangkasa pada milyaran tahun yang lalu yang kemudian memadat dan meledak lagi; hasil ledakan ini menjadi bintang baru serta planet-planet, termasuk bumi.
Nodus LimfaBulatan kecil yang terdapat di sepanjang jalur limfa. Tempat menangkap antigen yang masuk.
OntogeniPerkembangan embrio dari zigot menuju dewasa.
Organel Struktur yang terdapat dalam sitoplasma sel yang mempunyai fungsi khusus.
OrganosenseorisAlat menerima rangsang dari luar untuk dihantarkan ke pusat saraf.
OsteoblasSel pembentuk tulang yang mensekresikan matriks tulang.
OstiumLubang pada jantung Arthropoda, tempat darah masuk ke ruang perikardium.
OvulasiPelepasan sel telur (ovum) yang masak dari ovarium.
Paleontologi Ilmu yang mempelajari tentang fosil {Paleos = tua).
PerikondriumSarung pembungkus tulang rawan.
Pilorus Bagian lambung yang paling bawah dan berdekatan dengan duodenum.
PlasentaBagian yang tersusun atas lapisan ganda seperti spons dan penuh jaringan veskuler yang terbentuk dari jaringan ibu dan janin.
Polarisasi Terjadinya perbedaan potensial elektrik yang melewati membran sel saraf.
ProksimalBagian depan atau awal dari suatu struktur.
Rawan hialinKartilago halus yang tampak mengkilat dan tidak memiliki serat pembuluh darah dan ligamen.
ReseptorSel-sel yang sensitif terhadap rangsangan.
SarkolemaMembran sel otot.
SekresiProses pengeluaran oleh sel dan kelenjar; sekret yang dikeluarkan masih dapat dipergunakan oleh tubuh.
Sel SchwannSel glia yang membentuk selubung lemak yang menyelubungi serabut saraf.
SemenCairan yang disekresikan dari testis dan kelenjar-kelenjar kelamin lainnya dan mengandung sperma.
SfinkterOtot yang mengatur masuknya makanan dari esofagus ke lambung.
SinergisKerja otot yang seirama terhadap otot lain.
SitosomaMulut sel.
SpesialisasiProses perubahan bentuk dan fungsi sel.
SyncytiumPercabangan pada otot jantung.
Tali PusarTali jaringan yang menghubungkan embrio dan plasenta.
Tonus Keadaan tegang yang terus menerus pada otot.
Trofoblas Lapisan terluar sel penyusun morula.
Vaksin Preparasi mikroorganisme atau komponen antigen yang dapat merangsang kekebalan melawan bakteri atau virus.
Valvula BikupidalKatup antara aurikula kiri dan ventrikel kiri.
VektorPembawa
VenaPembuluh darah besar yang membawa darah kotor ke jantung.
ViabilitasKelangsungan hidup.