Lembaga Terkait

Lembaga Terkait (LINK) adalah salah satu konten website PinPLB yang berisi profil lembaga-lembaga yang terlibat dalam penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) seperti sekolah khusus, tempat terapi, Sekolah Luar Biasa, Sekolah inklusi, Klinik tumbuh kembang, Sanggar seni, dan LSM yang bergerak dalam penanganan disabilitas.

 


Tujuan dari konten LINK ini ialah:
  1. Menjembatani orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus memperoleh tempat yang dapat melayani sesuai kebutuhan penanganan putra-putrinya.
  2. Menyediakan informasi pada masyarakat tentang lembaga-lembaga yang terlibat dalam pelayanan disabilitas di berbagai aspek.
  3. Membantu lembaga untuk mempublikasikan kegiatan layanan kepada masyarakat.
  4. Mempercepat dan memperluas penyebaran informasi tentang layanan bagi disabilitas, khususnya terkait penanganan bagi anak berkebutuhan khusus.

 


Lembaga seperti apakah yang dapat bergabung dalam konten website PinPLB?

Semua lembaga yang melakukan pelayanan bagi penyandang disabilitas dapat bergabung dalam portal PinPLB. Fokus utamanya saat ini pada bidang pengembangan diri anak berkebutuhan khusus. akan tetapi LINK PinPLB terbuka untuk semua lembaga yang bergerak di bidang pelayanan bagi disabilitas yang memiliki eksistensi teruji oleh waktu dan track record prestasi yang dapat dipertanggung jawabkan. Lembaga tidak dipungut biaya sepeserpun untuk  berpartisipasi dalam konten LINK PinPLB.


Persyaratan lembaga yang akan bergabung dalam konten LINK PinPLB:
  1. Memiliki konsistensi dan eksistensi dalam melakukan penanganan bagi anak berkebutuhan khusus atau disabilitas. Dibuktikan dengan portofolio.
  2. Memiliki struktur kepengurusan yang sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun.
  3. Bersedia mengirim profil lembaga sesuai dengan format dari PinPLB.
  4. Membuat surat pernyataan resmi yang berisi kesediaan yang untuk:
    1. Memasang profil lembaga dalam website Plaza Informasi Pendidikan Luar Biasa (www.pinplb.com).
    2. Menjalin komunikasi yang baik dengan pihak PinPLB.
    3. Memberikan update informasi profil lembaga (jika ada) selama 6 bulan sekali.
    4. Memberikan feedback untuk kemajuan LINK PinPLB secara berkala 6 bulan sekali dengan menjawab email/surat/telepon dari tim LINK PinPLB.
    5. Bersedia dihapuskan profil lembaganya apabila terjadi pelanggararan dari apa yang telah tercantum dalam surat pernyataan kesediaan selama 12 bulan berturut-turut tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dari tim PinPLB.
  5. Bagi lembaga yang memiliki website sendiri, profil lembaga yang dicantumkan pada portal PinPLB langsung kami tautkan pada website lembaga itu sendiri.

Cara Bergabung:
  1. Mengisi format profil lembaga beserta lampiran yang berisi:
    • Dokumentasi portofolio. Dapat berupa scan/ foto copy piagam, foto copy karya, foto plakat, foto piala, video atau foto karya (maksimal 3 item portofolio)
    • Foto terbaik yang menggambarkan layanan lembaga. Format PNG. (maksimal 2 foto)
    • Logo lembaga dalam format PNG.
    • Scan surat pernyataan resmi dari lembaga
  2. Membuat surat pernyataan kesediaan (format terlampir)
  3. Mengirimkan format profil lembaga beserta lampiran, dan surat pernyataan kesediaan ke email pinplb.yk.id@gmail.com
  4. Pihak lembaga akan mendapatkan konfirmasi berupa email yang berisi surat tanda terima dari tim LINK PinPLB

Mengapa Harus Memasang Profil lembaga Anda dalam portal  PinPLB?
  1. Sesuai dengan tujuannya memberikan jasa layanan informasi bermanfaat tentang Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, lembaga yang bergabung dalam barisan ini berarti mendukung tercapainya tujuan dibentuknya PinPLB. Dimana, tujuan besarnya adalah membantu masyarakat disabilitas mencapai kemakmuran dan kebahagiaan hidup karena mendapatkan layanan yang sesuai kebutuhan mereka.
  2. Memasang profil lembaga di pinplb.com tidak dipungut biaya sepeserpun.
  3. Portal PinPLB didirikan berdasarkan inisiatif lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNY yang berkomitmen melayani masyarakat sehingga sangat menghargai multi disiplin ilmu yang dibutuhkan untuk menangani anak berkebutuhan khusus.
  4. Kami bersedia menjadi partner lembaga Anda untuk media promosi/publikasi program layanan, kegiatan lembaga, tokoh (ABK atau praktisi berprestasi), dan pengalaman penanganan ABK di lembaga melalui artikel yang dikirimkan ke tim LINK PinPLB. Tidak dipungut biaya untuk memasang publikasi di pinplb. Hubungi kami melalui email/telepon untuk keperluan publikasi ini.
  5. Kami memiliki Program Jasa Pendampingan Belajar yang melayani les privat untuk Anak Berkebutuhan Khusus dan siswa Play Group sampai Sekolah Dasar yang memiliki kesulitan dalam belajar. Apabila membutuhkan jasa pendampingan belajar, kami dapat menyediakan pendampng yang dapat dikontrak dengan standar layanan dan biaya yang relevan.
  6. Dengan memasang profil Anda, Lembaga Anda menjadi bagian dari Keluarga Besar PinPLB yang dapat terlibat dalam agenda-agenda PinPLB yang pastinya bermanfaat untuk bertukar informasi sehingga dapat meningkatkan kualitas penanganan ABK dan tali persaudaraan.
  7. Anda berhak membagi dan menggunakan informasi yang ada dalam website www.pinplb.com untuk kepentingan pelayanan.
  8. Tim PinPLB bersedia melayani sharing ataupun konsultasi mengenai penanganan ABK dari segi pengembangan potensi (pendidikan) tanpa dipungut biaya. Misalnya layanan sharing bagi guru sekolah yang mengalami kesulitan di lapangan. Konsultasi dapat melalui email, facebook, maupun secara face to face.