a1

MOCHAFA “Modified Chair for Ofa”

Posted on Posted in Artikel, Wawasan

Teknologi Asistif (Bantu) adalah teknologi yang diciptakan dan dikembangkan dalam rangka membantu seorang dengan disabilitas untuk dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari secara mandiri tanpa terus bergantung pada orang lain, tidak terkecuali pada anak dengan cerebral palsy.

Cerebral palsy merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kesulitan untuk mengontrol pergerakan tubuh dan koordinasi otot yang disebabkan oleh adanya kerusakan/kelainan yang terjadi di otak. Anak yang memiliki cerebral palsy akan mengalami kekakuan, kelumpuhan, gerakan-gerakan yang tidak dapat dikendalikan, gerakan ritmis serta gangguan keseimbangan.

Potensi kemampuan anggota gerak yang dimiliki oleh anak dengan cerebral palsy akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini sesuai dengan tipe cerebral palsy yang dimilikinya. Secara umum, cerebral palsy dikelompokkan menjadi empat tipe utama, yaitu: spastik, atetoid, hipotonis dan kombinasi. Tipe yang paling sering terjadi adalah spastik. Cerebral palsy spastic adalah kondisi dimana tonus otot meningkat sehingga menyebabkan kekakuan dan kesulitan bergerak, sehingga anak dengan kondisi ini selalu menggunakan alat bantu dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Hal ini seperti kondisi anak dengan tipe cerebral palsy spastic diplegia yang ditemukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Khusus Pascasarjana UPI 2015 pada salah satu SLB yang ada di Kota Bandung.

Dalam kasus ini, anak tersebut selalu menggunakan kursi roda untuk melakukan aktivitasnya di lingkungan sekolah. Akan tetapi ia seringkali merosot hingga terjatuh dari kursi roda ketika ingin mengekspresikan emosinya di saat senang maupun sedih. Kedua anggota tubuh bawah dan atasnya akan menjadi sangat kaku dan sulit dikontrol apabila ia tertawa maupun menangis, yang menyebabkan posisi tubuhnya perlahan-lahan begeser ke depan sampai terjatuh dari kursi roda yang ia gunakan. Hal inilah yang membuat anak selalu mendapatkan pengawasan penuh dari orang dewasa maupun dari teman-temanya ketika ia duduk di kursi biasa maupun di kursi roda.

Melihat kondisi di atas, melalui praktik Mata Kuliah Teknologi Asistif yang diampu oleh Dr. Endang Rochyadi, M.Pd dan Dr. Sunardi, M.Pd, kelompok mahasiwa yang terdiri dari: Nurul Muslimah, S.Pd, Sri Yulan Umar, S.Pd, Yanti Sam Amir, S.Pd dan Imas Maryani, S,P telah mengembangkan satu teknologi asisitif untuk membantu anak agar bisa duduk secara mandiri tanpa harus terus menerus mendapat pengawasan dari orang lain.

mochafa 1

MOCHAFA, Modified Chair for Ofa hadir sebagai salah satu teknologi asistif berbentuk kursi yang didesain sesuai dengan hasil asesmen dan analisis kebutuhan yang dimiliki anak. Kursi ini merupakan hasil modifikasi dalam hal bentuk dan ukuran dari bentuk kursi yang telah ada sebelumya, dengan mempertimbangkan nilai ergonomis, kompensatoris dan antropometri dari alat tersebut.

mochafa 2

MOCHAFA terdiri dari 4 bagian utama, yaitu: dudukan, sandaran punggung, dan dua bagian sandaran samping (kiri dan kanan). Bagian dudukan yang dibuat melandai, dapat membantu anak untuk menjaga kestabilan prosisi duduk anak ketika ia mulai mengeskpresikan emosinya. Selain itu, kursi ini juga dilengkapi dengan safety belt (flexible, dapat dipanjangpendekkan sesuai dengan ukuran tubuh anak) yang dipasang di bagian dada dan di bagian selangkangan anak untuk menunjang keamanan dan keselamatan anak ketika ia duduk secara mandiri tanpa terjatuh dan diawasi oleh orang lain.

mochafa 3

Keunggulan lain dari kursi ini ialah prinsip penggunaannya yang bersifat portable, sehingga dapat dibongkar pasang, dilipat dan di simpan di dalam tas ketika ingin dibawa saat bepergian, serta dapat dipergunakan dengan jenis kursi yang lain, seperti: penggunaan dengan kursi kayu ataupun pada kursi roda. (Yulan)

Untuk lebih mengetahui cara penggunaan MOCHAFA, lihat video penggunaan di sini:

Gambar: dokumentasi tim pengembang MOCHAFA.

Membutuhkan sharing partner atau konsultasi layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus? kami terbuka untuk berbagi dengan Anda. Hubungi Kami!

0 comments