special camp of pamphlet

Special Camp: Kegiatan Refreshing Sekaligus Stimulasi Sensomotorik bagi Penyandang Autis

Posted on Posted in Artikel

Kegiatan berkemah atau camping merupakan kegiatan yang menyenangkan dan seru. Kita melakukan aktivitas di luar kegiatan sehari-hari di rumah. Menikmati suasana alam yang menenangkan, menghirup udara segar, dan melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan seperti permainan. Tentunya tidak hanya fisik kita yang menjadi segar oleh berbagai kegiatan tersebut, namun juga pikiran dapat bebas dari tekanan sehari-hari. Kegiatan  menyenangkan dan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk penyandang autis.

Tak perlu khawatir  akan situasi yang berubah dari biasanya. Ingatlah, penyandang autis juga membutuhkan kegiatan bersenang-senang sekaligus melatih kemandiriannya. Segala layanan pendidikan dan terapi yang diberikan pada penyandang autis pada dasarnya membangun kemandirian mereka untuk hidup membaur di masyarakat. Maka, mengenalkan situasi baru seperti kegiatan camping juga bisa dicoba.

Kegiatan camping bagi penyandang autis memiliki banyak manfaat. Dalam lingkungan dan situasi baru ini penyandang autis dapat belajar generalisasi lingkungan. Dimana penyandang autis belajar membiasakan diri berada di tempat-tempat baru. Kegiatan camping juga memberikan kesempatan untuk berlatih berinteraksi sosial dalam suasana berkemah. Selain itu, berbagai aktivitas camping seperti permainan dapat melatih keterampilan sensomotorik. Perlu diketahui bahwa keterampilan sensomotorik sangat mendukung penyandang autis dalam berkegiatan sehari-hari. Gerakan dan koordinasi tubuh yang baik dapat membantu penyandang autis dalam melakukan kegiatan untuk diri sendiri seperti makan, minum, mandi, berhias, belajar, dan lain-lain.

Kegiatan camping bagi penyandang autis di Indonesia memang masih jarang. Setelah sukses dengan kegiatan Special Camp pertama tahun lalu, Bumi Kepanduan dan Rumah Autis mengadakan program Special Camp untuk memberikan pengalaman berkemah bagi penyandang autis. Dalam kegiatan ini penyandang autis berusia 7 – 11 tahun dapat mendaftarkan diri. Seorang pendamping diperbolehkan mendampingi penyandang autis dalam kegiatan ini.  Kegiatan yang berawal dari kepedulian akan kebutuhan penyandang autis ini juga didukung oleh Asyakur Adventure. Special Camp akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Maret  2016 di Bumi Kepanduan Sentul. Salah satu tujuan kegiatan Special Camp ialah membantu proses terapi. Dimana dalam sesi permainan dirancang untuk merangsang input peraba, sendi dan otot, serta keseimbangan. Seperti apa keseruan di Bulan Maret mendatang? Segera buru info lebih lanjut ke 081282471716 atau via WhatsApp ke nomor  08569204019.

Membutuhkan sharing partner atau konsultasi layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus? kami terbuka untuk berbagi dengan Anda. Hubungi Kami!

 Gambar: Machfud Asyari

0 comments