TRANSVOICE

Posted on Posted in Artikel, Wawasan

Transvoice adalah software yang bisa diaplikasikan atau diunduh ke dalam smartphone yang bertujuan untuk membantu individu dengan hambatan pendengaran. Mengandalkan sensor suara, Transvoice mampu mentranslate suara menjadi tulisan yang lebih cepat dimengerti oleh para individu dengan hambatan pendengaran. Dengan software ini mereka juga dapat berbicara serta berkomunikasi dengan orang lain. Software ini bertujuan untuk memperlancar komunikasi masyarakat yang memiliki kekurangan dalam pendengarannya, sehingga dapat berkomunikasi dengan cepat, efisien, dan tepat dengan orang lain.

Transvoice adalah salah satu Teknologi Asistif bagi individu dengan hambatan pendengaran. Software ini dirancang oleh beberapa mahasiswa Pascasarjana jurusan Pendidikan Khusus angakatan 2015 Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Sri Rizqi Widasari, S.Pd, Rikrik Triwiaty, S.Pd, Titis Inggriani, S.Pd dan Arti Budiarty, S.Pd. Software ini juga dikembangan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah  Teknologi Asistif, yang diampu oleh Dr. Endang Rochyadi, M.Pd dan Dr. Sunardi, M.Pd. Dalam pembuatan software ini kami dibantu oleh ahli yaitu Reza Jatnika, M.T. dari Rakarsa.

Latar belakang ide pembuatan aplikasi tranvoice ini karena banyak individu dengan hambatan pendengaran yang kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Mereka harus membaca gerak bibir lawan bicara mereka atau berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, dan sering kali lawan bicara tidak mengerti bahwa mereka memiliki hambatan dalam pendengaran sehingga tidak fokus dalam gerak bibir belum lagi tidak semua orang mengerti bahasa isyarat. Hal ini jelas menyulitkan individu dengan hambatan pendengaran untuk memahami apa yang lawan bicara mereka katakan. Oleh karena itu, Transvoice  diciptakan untuk membantu mereka yang memiliki keterbatasan.

Cara kerja dari Transvoice sangat sederhana. Software ini mengubah suara yang telah ditangkap oleh smartphone, suara yang ditangkap kemudian diubah menjadi tulisan atau bahasa isyarat yang dimengerti oleh individu dengan hambatan pendengaran. Pesan di tampilkan pada screen hardware. Lawan bicara tidak harus berada di depan pengguna, tetapi bisa mengelilingi atau bahkan berjalan di sekelilingnya. Dengan kumpulan beberapa software penting, Transvoice bisa mengubah kata-kata  menjadi bahasa tubuh atau bahasa isyarat. Kita juga dapat mengetikkan pesan di hardware yang kita gunakan untuk kemudahan Transvoice  membacakannya untuk mereka yang memiliki hambatan pendengaran. Sistem ini menggunakan perangkat yang tidak berbeda dengan Google Translate, tetapi dalam prakteknya Transvoice lebih unggul dalam membaca pesannya karena lebih cepat serta memang dikhususkan untuk membantu mereka yang memiliki hambatan dalam pendengaran dalam berkomunikasi.

Transvoice tentu saja dapat diaplikasikan dalam kehidupan manusia, terutama bagi teman kita yang memiliki disabilitas. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, seperti bercakap-cakap dengan orang lain yang normal atau sesama teman yang memiliki disabilitas juga. Bisa juga misalnya dalam bertransaksi ketika ingin membeli suatu barang dari supermarket. Hadirnya Transvoice mampu mempermudah komunikasi dengan orang lain, bahkan orang yang memiliki disabilitas terutama teman-teman yang memiliki hambatan pendengaran. Kehadiran Transvoice tentu terasa sangat membantu dalam kehidupan individu yang memiliki hambatan dalam pendengaran, baik secara local maupun internasional. Para pemegang smartphone dapat dengan mudah memperoleh dan menggunakan aplikasi ini sehingga dapat  dengan mudah  berkomunikasi dengan temannya yang memiliki hambatan pendengaran serta dapat dengan mudah melakukan aktivitas yang selama ini terpaku pada sterotip manusia yang mengasumsikan bahwa ada kegiatan-kegiatan manusia yang tidak dapat dilakukan oleh masyarakat yang memiliki  disabilitas, terutama mereka yang memiliki hambatan pendengaran .Adanya Transvoice  tentu memberikan dampak yang cukup positif bagi penggunanya.

Meskipun Transvoice ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran serta berbicara namun mereka yang normal pun dapat menggunakan aplikasi ini dengan tujuan mempermudah mereka ketika menghadapi orang-orang yang memiliki keterbatasan. Alat ini memiliki peluang bisnis yang cukup besar karena untuk saat ini software seperti ini masih jarang ditemukan di kalangan masyarakat. Memang telah ada alat yang diciptakan untuk mereka yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi namun, itu berupa alat bantu dengar yang cara kerjanya hanya membantu memperjelas suara yang ada sehingga dapat didengar oleh mereka yang berkekurangan tetapi tidak dapat membantu mereka untuk mempermudah komunikasi. Sedangkan Transvoice kini hadir dengan inovasi baru yang memungkinkan mereka yang memiliki hambatan pendengaran untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain selayaknya manusia normal lainnya. Dengan bentuk software yang sangat efisien serta mudah memungkinkan siapa saja menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk peluang bisnis kedepannya hadirnya Transvoice bisa jadi sangat tinggi karena dengan kemampuan Transvoice yang seperti ini tentu akan cukup banyak orang yang membutuhkannya serta menggunakannya.

Manfaat utama dari Transvoice sendiri telah dibahas sejak awal bahwa software ini membantu mereka yang memiliki hambatan pendengaran dalam hal komunikasi dengan sesama sehingga mereka dapat berkomunikasi selayaknya masyarakat pada umumnya. Transvoice ini perlahan juga dapat menggantikan posisi alat bantu dengar yang saat ini banyak digunakan para individu yang memiliki hambatan pendengaran. Dengan kemajuan teknologi hari lepas hari tentu bukan tidak mungkin software ini dapat berkembang dan mambantu banyak orang terutama mereka yang berkekurangan.

Transvoice tentunya sangat membantu para individu dengan hambatan pendnegaran untuk dapat terus berkomunikasi bahkan memudahkan mereka demi keberlangsungan hidup mereka, meskipun kalau di baca-baca cara penggunaannya yang menggunakan bantuan suara yang kemudian Software ini mengubah suara yang telah ditangkap oleh smartphone, suara yang ditangkap kemudian diubah menjadi bahasa isyarat yang dimengerti oleh penyandang tuna rungu. Meskipun sistem yang di terapkan menurut kita mudah dan lebih efisien, tentunya ditemukan banyak kesulitan bagi mereka yang harusnya menggunakan software deafer tersebut, akan lebih baik bila ditambahkan juga ide seperti video call khusus bahasa isyarat yang dapat lebih mudah dimengerti para tuna rungu, jadi secara mudah ia dapat melihat video tersebut dan mengerti apa yang kita bicarakan terhadap mereka, tentunya dalam diri kita juga harus paham benar bahasa isyarat sehari-hari yang digunakan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mampu menunjang komunikasi anak dengan lingkungan namun aplikasi ini masih banyak kelemahan dan juga kelebihan di dalamnya yang masih harus disempurnakan. Aplikasi mobile phone ini hanya dapat di instal minimal dengan android versi Jelly Bean, kemudian adapun kelemahan dan kelebihan aplikasi Transvoice ini yaitu:

  1. Kelemahan

Aplikasi ini hanya mampu merekam beberapa kata dan merubahnya kedalam tulisan hanya beberapa karakter saja, tidak untuk menyimpan suara dan merubahnya pada tulisan dengan karakter yang banyak. Saat tulisan di rubah menjadi suara, suara kurang terdengar.

  1. Keunggulan
  • Aplikasi ini mampu membantu komunikasi anak tunarungu
  • Aplikasi ini mampu digunakan oleh individu tunarungi untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar yang awam terhadap sistem komunikasi bahasa insyarat.
  • Individu mampu menuliskan keinginan dan dirubah menjadi suara sehingga orang mampu memahami keinginan individu tunarungu tersebut.

 Untuk melihat hasi uji coba dan penggunaan alat dilapangan, maka bisa dilihat di youtube, dengan link berikut ini:     .     (Rik)

 

 

Membutuhkan sharing partner atau konsultasi layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus? kami terbuka untuk berbagi dengan Anda. Hubungi Kami!

 

0 comments